Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kenyamanan belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa di Perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan rancangan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2.214 mahasiswa yang kemudian diambil sampel berdasarkan Tabel Krejcie dan Morgan sebanyak 327 mahasiswa.. Teknik pengumpulan data berupa kuisioner/angket dengan menggunakan skala likert, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan Uji T.
Hasil dari penelitian ini yaitu kenyamanan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kenyamanan belajar sebesar 0,073 atau 7,3% dengan persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y = 28,470 + 0,118X. Dikatakan bahwa variabel X berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y yaitu berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan Uji T diperoleh Thitung > Ttabel (5,047 > 1,967) dan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,00 < 0,05.
Kata Kunci : kenyamanan belajar, motivasi belajar
This research aims to determine the influence of learning comfort to students ' motivation in the library Faculty of Education, State University of Surabaya.
The approach used in this research is a quantitative approach with the post facto ex-design. The population in this study was 2,214 students who subsequently sampled the table based on Krejcie and Morgan as many as 327 students.. Data collection techniques in the form of questionnaire/poll using Likert scale, observation, and documentation studies. Data analysis techniques using simple linear regression analysis and test T.
The result of this study is that the comfort of learning has positive and significant effect on learning comfort by 0.073 or 7.3% with regression equations acquired i.e. Y = 28.470 + 0, 118X. It is said that variable X has a positive and significant effect on the Y variables that are based on hypothesis testing conducted using Test T obtained Thitung > Ttabel (5.047 > 1.967) and the value of significance obtained is 0.00 < 0.05.
Keywords: learning comfort, learning motivation