PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PISA PADA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO
PROFILE OF PISA PROBLEM SOLVING ABILITES ON CHANGE AND RELATIONSHIP CONTENT BASED ON SOLO TAXONOMY
Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa memiliki tingkat yang berbeda-beda, terlebih pada konteks PISA yang jarang ditemui dalam pembelajaran umum di sekolah. Untuk mengukur tingkat kemampuan pemecahan masalah tersebut dapat menggunakan suatu metode yang disebut dengan Taksonomi SOLO (Structure of the Observed Learning Outcome). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah PISA konten change and relationship pada siswa yang memiliki kemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan Taksonomi SOLO. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa dari kelas IX, yang terdiri dari siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, dan wawancara. Kemudian instrumen penelitian yang digunakan yaitu Tes Kemampuan Matematika (TKM), Tes Pemecahan Masalah (TPM), dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah PISA konten change and relationship pada siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu mencapai level extended abstract, siswa dengan kemampuan matematika sedang mampu mencapai level multistructural, dan siswa dengan kemampuan matematika rendah mencapai level unistructural.
Students' mathematical problem solving abilities have different levels, especially in the context of PISA which is rarely found in general learning in schools. To measure the level of problem solving ability, we can use a method called the SOLO Taxonomy (Structure of the Observed Learning Outcome). The aim of this study was to describe PISA problem solving ability in change and relationship content for students with high, medium, and low mathematical abilities based on the SOLO taxonomy. The research method used in this research is qualitative research. The subject of this study were 3 students from class IX, which consisted of students with high, medium, and low mathematical abilities. The data collection method was collected from test methods, and interviews. Then the research instruments used were the Mathematical Ability Test (TKM), Problem Solving Test (TPM), and interview guidelines. The result of this study indicate that PISA problem solving abilities on change and relationship content in students with high mathematical abilities are able to reach the extended abstract level, students with moderate mathematical abilities are able to reach the multistructural level, and students with low mathematical abilities are able to reach the unistructural level.