ABSTRAK
Anggriawan, Ferry I, 2018. Pengembangan Kartu Pengukuran Kompetensi Siswa SD pada Pembelajaran PJOK di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi. Tesis Program Studi Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Agus Hariyanto, M.Kes. dan (2) Drs. Suroto, M.A., Ph.D.
Kata Kunci : Pengukuran, Kompetensi Siswa SD, Pembelajaran PJOK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk berupa kartu pengukuran kompetensi SD pada pembelajaran PJOK di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi yang digunakan untuk membantu kinerja guru PJOK di dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Sebagaimana tertuang didalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 pasal 1 ayat 1 tahun 2005 tentang guru dan dosen bahwa guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Namun berdasarkan peneliti awal yang telah peneliti lakukan diperoleh bahwa mayoritas guru PJOK masih kesulitan dan bahkan tidak mengetahui bagaimana cara menyusun instrumen penilaian hasil belajar siswa. Maka perlu dikembangkan sebuah instrumen peniilaian hasil belajar siswa yang mencakup tiga kompetensi, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dikemas dalam sebuah produk kartu pengukuran kompetensi siswa dan pengolahanya akan menggunakan aplikasi microsoft excel.
Pada penelitian ini mengacu pada penelitian dan pengembangan (research and development) oleh Borg and Gall (1983, p.775). Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa guru PJOK SD di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi setuju dan mau memanfaatkan produk yang akan dikembangkan tersebut. Teknik analisis prosentase sebagai teknik analisis datanya. Berdasarkan data validasi ahli evaluasi pembelajaran PJOK diperoleh skor 91,83% sehingga produk dikategorikan valid dan produk dapat diuji cobakan. Hasil uji coba yang telah peneliti lakukan. Rata-rata prosentase hasil uji coba lapangan awal sebesar 83,33%. Sehingga produk kartu pengukuran kompetensi siswa SD pada pembelajaran PJOK yang dikembangkan oleh peneliti dapat dikategorikan valid dan dapat digunakan sebagai alat ukur untuk mengukur kompetensi siswa SD di Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi.
ABSTRACT
Anggriawan, Ferry I, 2018. Development of Elementary School Student Competency Measurement Cards in PJOK Learning in Banyuwangi District, Banyuwangi Regency. Thesis. Sport Education Program, Magister. Program, Surabaya State University. Advisors: (1) Dr. Agus Hariyanto, M.Kes. dan (2) Drs. Suroto, M.A., Ph.D.
Keywords: Measurement, Elementary Student Competence, PJOK Learning.
The purpose of this study was to develop and produce a product in the form of an SD competency measurement card in PJOK learning in Banyuwangi District, Banyuwangi Regency which was used to help the PJOK teacher's performance in conducting learning evaluations. As stated in the Law of the Republic of Indonesia Number 14 article 1 paragraph 1 of 2005 concerning teachers and lecturers that teachers are professional educators with the main task of educating, teaching, guiding, directing, training, evaluating, and evaluating students in early childhood education. However, based on the initial researchers the researchers did, it was found that the majority of PJOK teachers were still having difficulties and did not even know how to compile instruments for assessment of student learning outcomes. Then it is necessary to develop a student learning outcomes assessment instrument that includes three competencies, namely attitudes, knowledge, and skills that are packaged in a student competency measurement card product and the processor will use Microsoft Excel applications.
In this study referring to research and development by Borg and Gall (1983, p.775). The results of the needs analysis show that elementary PJOK teachers in Banyuwangi Sub-district, Banyuwangi Regency agree and want to use the products to be developed. Percentage analysis techniques as data analysis techniques. Based on expert validation data, PJOK learning evaluation obtained a score of 91.83% so that the product was categorized as valid and the product could be tested. The results of the trial that the researchers have done. The average percentage of the results of the first field trial was 83,33%. So the card product for measuring the competency of elementary students in PJOK learning developed by researchers can be categorized as valid and can be used as a measurement tool to measure the competency of elementary students in Banyuwangi District, Banyuwangi Regency.