PENGARUH TEKNIK MODELLING TERHADAP KETERAMPILAN VOKASIONAL DALAM PEMBUATAN BUKET BUNGA UNTUK ANAK TUNADAKSA
THE EFFECT OF MODELLING TECHNIQUES ON VOKATIONAL SKILLS IN MAKING FLOWER BOUQUETS FOR CHILDREN WITH PHYSICALLY DISABILITIES
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh keterampilan vokasional menggunakan teknik modelling dalam pembuatan buket bunga pada anak tunadaksa. Anak tunadaksa dalam kesehariannya terhambat dalam proses interaksi dan mobilitas yang disebabkan oleh gangguan atau kelainan pada fungsi tubuh. Sehingga anak perlu diberikan keterampailan vokasional sebagai bekal hidup dimasa yang akan datang. Salah satu keterampilan vokasional yang dapat diberikan pada anak tunadaksa adalah pembuatan buket bunga dengan menerapkan teknik modelling. Metode literatur review yang digunakan dalam penilitian ini dengan mengidentifikasi masalah, penelusuran literatur dan analisis. Analisis data yang dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari literatur review dengan jenis penelitian pre-experimental design nilai rata-rata pre-test 50,82 dan nilai rata-rata post-test 85,87 menunjukkan bahwa penggunaan teknik modelling dapat memberikan pengaruh terhadap keterampilan vokasional anak tunadaksa dengan memperhatikan kemampuan anak tunadaksa dalam melaksanakan keterampilan vokasional dan strategi pembelajaran untuk anak tunadaksa.
Kata Kunci: Teknik modelling, Keterampilan vokasional, anak tunadaksa.
The purpose of this study was to describe the effect of vocational skills using modeling techniques in making flower bouquets in children with physical disabilities. Children with physical disabilities in their daily life are hampered in the process of interaction and mobility caused by disturbances or abnormalities in body functions. So that children need to be given vocational skills as a provision for life in the future. One of the vocational skills that can be given to children with physical disabilities is making flowers by applying modeling techniques. The literature review method used in this research is to identify problems, literature search and analysis. Data analysis was carried out with a quantitative approach. The results of the literature review with the type of research pre-experimental design, the average pre-test score of 50.82 and the post-test mean of 85.87 showed that the use of modeling techniques can have an influence on the vocational skills of children with physical disabilities by paying attention to the abilities of children with physical disabilities in implementing vocational skills and learning strategies for children with physical disabilities.
Keywords: Modeling techniques, vocational skills, Children with physical disabilities