PRESERVICE ENGLISH TEACHERS PERCEPTIONS AND MOTIVATIONS IN CONTINUING THEIR PROFESSION AS EFL TEACHERS
Persepsi secara signifikan memotivasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris untuk menjadi guru Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL). Penelitian ini menyelidiki persepsi mahasiswa calon guru bahasa Inggris tentang kelanjutan studi sebagai guru bahasa Inggris sebagai pilihan profesi dan faktor-faktor motivasi yang mempengaruhi mahasiswa calon guru untuk melanjutkan studi sebagai guru bahasa Inggris sebagai pilihan profesi. Penelitian ini bersifat fenomenologis. Pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan kuestioner dilakukan dengan sampel 86 mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris yang diberikan kuesioner untuk diisi melalui tautan G-Form, dan 21 mahasiswa mengembalikan kuesioner tersebut. Kuesioner yang disebarkan melalui link g-form diadaptasi dari kuesioner (Tustiawati, 2017) dalam jurnal TEFLIN. Kemudian, peneliti melakukan wawancara semi-terstruktur dengan sampel empat mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2019 dari salah satu universitas negeri di Surabaya yang telah menyelesaikan program praktik mengajar (PLP) di semester tujuh. Hasilnya menunjukkan bahwa para peserta memilih untuk menjadi guru bahasa Inggris karena faktor internal, eksternal, dan altruistik. Demikian juga, mereka yang memutuskan untuk tidak menjadi guru bahasa Inggris dipengaruhi oleh faktor internal, eksternal, dan altruistik. Temuan ini bertentangan dengan penelitian sebelumnya mengenai motivasi guru di negara berkembang dan apa yang umumnya diyakini di Indonesia.
Selain itu, telah melaksanakan program PPL dan telah menyelesaikan perkuliahan selama tujuh semester secara signifikan berdampak pada persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2019. Sebagian besar dari mereka yang diberikan kuesioner memiliki pandangan positif tentang persepsi untuk melanjutkan menjadi guru bahasa Inggris sebagai sebuah profesi. Beberapa dari mereka memiliki pendapat negatif tentang persepsi untuk melanjutkan menjadi guru bahasa Inggris sebagai sebuah profesi. Akhirnya, penelitian ini menyarankan untuk memahami persepsi mereka. Sehingga institusi pendidikan dapat memberikan dukungan, bimbingan, dan kesempatan yang disesuaikan untuk menumbuhkan dan mempertahankan persepsi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dalam mengejar profesi masa depan mereka sebagai guru bahasa Inggris.
Kata kunci: Persepsi, Motivasi, Profesi Guru Bahasa Inggris
Perception significantly motivates English Language Education Study Program students to become English as a Foreign Language (EFL) teachers. This study investigates pre-service English teachers' perceptions of continuing as English teachers as a professional choice and the motivational factors that influence pre-service teachers to continue as English teachers as a professional choice. The investigation is phenomenological. A qualitative research approach using a questionnaire was conducted with a sample of 86 students of an English Language Education study program who were given a questionnaire to be filled in through the G-Form link, and 21 students returned the questionnaire. The questionnaire distributed through the g-form link was adapted from a questionnaire (Tustiawati, 2017) in the TEFLIN journal. Then, researcher conducted semi-structured interviews with a sample of four English Language Education Study Program students of the 2019 cohort of one state university in Surabaya who had completed the teaching practice program (PLP) in semester seven. The results suggest that the participants chose to become English teachers because of internal, external, and altruistic factors. Likewise, those who decided not to become English teachers were influenced by internal, external, and altruistic factors. These findings contradict previous research on teacher motivation in developing countries and what is commonly believed in Indonesia.
Moreover, having carried out a teaching practice program and having completed lectures for seven semesters has significantly impacted the perceptions of students of the English Language Education Study Program of the 2019 cohort. Most of those given the questionnaire had a positive view of the perception of continuing to become an English teacher as a profession. Some of them have negative opinions about the perception of continuing to be an English teacher as a profession. Finally, this study suggests understanding their perceptions. So that educational institutions can provide tailored support, guidance, and opportunities to cultivate and maintain the perceptions of ELE students in pursuing their future profession as EFL teachers.
Keywords: Perception, Motivation, EFL Teacher Profession