Orang tua adalah sebagai pendidik yang pertama dan utama dalam pendidikan anak. Pendidikan yang dilakukan orang tua sejak dini merupakan fondasi dalam membentuk pribadi anak. Disinilah peran orangtua sangat membantu dalam membentuk kemandirian anak. Karena guru yang pertama dan utama dalam memperhatikan anak adalah orang tua. Sehingga sebagai orangtua dalam membentuk kemandirian anak harus memberikan yang terbaik. Kemandirian adalah suatu keterampilan yang harus perlu dilakukan secara terus menerus, sehingga menjadi suatu kebiasaan dan dapat melakukan sesuatu tanpa adanya bantuan orang lain. Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan tentang bagaimana peran orangtua pada anak down syndrome, mengetahui bentuk kemandirian anak down syndrome, dan dapat memahami faktor penghambat bagi orangtua dalam membentuk kemandirian anak down syndrome. Penelitian ini dilakukan di PKBM Imanuel Homeschooling Surabaya khususnya bagi anak down syndrome, dan untuk memperoleh data digunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang memiliki anak down syndrome harus lebih fokus untuk: 1) fasilitator, 2) motivator, 3) dan pembimbing yang baik kepada anak. Sehingga orangtua dapat melatih kemandirian anak melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan di rumah.
Parents are the first and foremost educators in children's education. Education done by parents from an early age is the foundation in shaping the child's personality. This is where the role of parents is very helpful in forming the independence of children. Because the first and foremost teacher in paying attention to children is parents. So as a parent in shaping the independence of children must provide the best. Independence is a skill that must need to be done continuously, so that it becomes a habit and can do something without the help of others. The purpose of this research is to describe how the role of parents in children with Down syndrome, determine the form of independence of children with Down syndrome, and be able to understand the inhibiting factors for parents in shaping the independence of children with Down syndrome. This research was conducted at PKBM Imanuel Homeschooling Surabaya especially for children with Down syndrome, and to obtain data used interviews and observation. The results showed that parents who have children with Down syndrome should focus more on: 1) facilitators, 2) motivators, 3) and good guidance to children. So that parents can train the child's independence through activities carried out at home.