Strategi Implementasi Program Outing Class Untuk Membangun Karakter Kebangsaan Siswa
Outing Class Program Implementation Strategy To Build Student National Character
Abstrak
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana dalam pelaksanaan proses pembelajaran agar peserta didik mampu mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki nilai kegamaan, pengenalan diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada siswa yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, lingkungan, dan Negara menjadi manusia yang kamil. Metode penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari literatur maupun referensi-referensi baik buku maupun jurnal. Hasil penelitian kajian literatur ini yaitu mendeskripsikan tentang pentingnya penanaman pendidikan karakter bagi siswa salah satunya pendidikan karakter kebangsaan. Sekolah sebagai salah satu tempat untuk mendidik siswa diharapkan mampu selain untuk mendidik akademik siswa tetapi juga mampu membentuk karakter siswa. Sekolah juga diharapkan memiliki berbagai program-program dalam upaya pembentukan karakter siswa. Outing class adalah pembelajaran diluar sekolah yang menjadi salah satu program sekolah dalam upaya membentuk karakter siswa khususnya karakter kebangsaan dimana program outing class adalah pembelajaran pendidikan karakter yang langsung dan nyata dimana siswa langsung belajar terhadap obyek pembelajaran tersebut.
Kata Kunci: program outing class, karakter kebangsaan, implementasi program
Abstract
Education is a conscious and planned effort in implementing the learning process so that students are able to develop their potential to have religious values, self-knowledge, personality, intelligence, noble morals, and skills that are needed by themselves, society, nation, and country. Character education is a system inculcating character values in students which include components of knowledge, awareness or willingness, and actions to carry out these values, both to God Almighty, themselves, the environment, and the State to become human beings. This research method uses secondary data sourced from literature and references both books and journals. The results of this literature review research describe the importance of planting character education for students, one of which is national character education. School as a place to educate students is expected to be able in addition to educating students academically but also able to shape student character. Schools are also expected to have various programs in an effort to build student character. Outing class is learning outside of school which is one of the school programs in an effort to shape student character, especially national character, where the outing class program is direct and real character education learning where students directly learn about the learning object..
Keywords: outing class program, national character, program implementation