META-ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK
Penggunaan media interaktif dalam materi pembelajaran mekanika teknik adalah salah satu bentuk pengembangan media menjadi lebih menarik dan mudah digunakan. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui besar pengaruh media pembelajaran ini terhadap mata pelajaran Mekanika Teknik. Metode yang digunakan adalah Meta-analisis dengan sampel sebanyak 6 (enam) artikel penelitian terdahulu pada jurnal pendidikan teknik bangunan yang berasal dari JKPTB UNESA dan Google Scholar. Analisis effect size pada penelitian ini adalah effect size penggunaan media pembelajaran interaktif, effect size jenis media pembelajaran interaktif yang digunakan, effect size materi yang diajarkan dan effect size format pembelajaran interaktif yang digunakan. Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif secara keseluruhan pada mata pelajaran mekanika teknik adalah berpengaruh sedang dengan ES= 0,590. Dari ke-enam jurnal yang dikaji lima jurnal menggunakan media pembelajaran elektronik dan satu jurnal menggunakan media pembelajaran non-elektronik. Di mana jurnal elektronik lebih efektif digunakan dengan ES= 0,702 berpengaruh sedang dan media non-elektronik dengan ES= 0,034 berpengaruh kecil. Effect size pada materi pembelajaran gaya-gaya dalam struktur bangunan dan susunan dan perhitungan gaya dalam struktur bangunan memiliki pengaruh yang besar dengan masing-masing ES adalah 0,801 dan 0,820, berpengaruh sedang pada materi pembelajaran gaya batang pada konstruksi rangka sederhana dengan ES= 0,284, dan berpengaruh kecil pada materi pembelajaran macam-macam gaya pada struktur bangunan dengan ES= 0,034. Serta pengaruh media pembelajaran interaktif berdasarkan format pembelajaran yang digunakan, format pembelajaran Drill & Practice berpengaruh besar dengan ES= 0,806 dan format pembelajaran Permainan berpengaruh kecil dengan ES= 0,159.
The use of interactive media in the learning materials of engineering mechanics is one form of media development to be more attractive and easy to use. Therefore, the researcher wants to know the influence of this learning media on the Engineering Mechanics subject. The method used was a meta-analysis. The samples were six previous study articles on journals of building engineering education from JKPTB UNESA and Google Scholar. The effect size analysis in this study was the effect size on the use of interactive learning media, effect size on the type of interactive learning media used, effect size on the materials taught, and effect size on interactive learning format used. The use of interactive learning media as a whole in engineering mechanics subject has a moderate influence with ES= 0.590. Out of six journals reviewed, five journals used electronic learning media, and one journal used non-electronic learning media. Electronic media is more effectively used with ES= 0.702 having moderate influence and non-electronic media with ES= 0,034 having small influence. The effect size of the learning materials about the forces in the building structure and the arrangement and calculation of forces in the building structure have a big influence with ES of 0.801 and 0.820, respectively. It also has a moderate influence on the materials about rod style on simple truss construction with ES= 0.284 and has a small influence on the materials about kinds of forces on building structure with ES= 0.034. Furthermore, the influence of interactive learning media based on the learning format used, the Drill & Practice learning format has a big influence with = 0.806 and Game learning format has a small influence with ES= 0.159.