Geografi merupakan salah satu mata pelajaran yang di ajarkan di SMA. Sebagian besar materi yang ada di dalam mata pelajaran geografi mempunyai cakupan yang luas dan membutuhkan waktu yang panjang. Guru memerlukan suatu media dalam proses pembelajaran untuk memudahkan penyampaian materi pembelajaran. Ada berbagai macam media Pembelajran yang ada salah satunya media simulasi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan produk berupa media Pembelajaran simulasi tsunami 3D pada materi analisis dan mitigasi bencana alam yang layak untuk siswa kelas Xl IPS SMA Al Muslim Waru Sidoarjo 2) Mengetahui kelayakan siswa terhadap media pembelajaran simulasi Tsunami 3D
Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Analysis Desain Development Implementation dan Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket validasi ahli media pembelajaran dan ahli materi menggunakan skala likert, untuk respon siswa menggunakan Skala guttman.
Hasil penelitian yang diperoleh setelah meninjau skor persentase validasi media dari ahli media pembelajaran sebesar 85%. Skor persentase validasi media dari ahli materi sebesar 81,7%. Menurut skala likert dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sangat layak untuk diujicobakan. Hasil ujicoba terbatas respon siswa yang diperoleh sebesar 83,35%. respon siswa terhadap media pembelajaran simulasi tsunami sangat baik
Kata kunci: Media Pembelajaran, Simulasi,Tsunami, Analisis dan Mitigasi Bencana Alam.
Geography is one of the subjects taught in high school. Most of the material in geographic subjects has a broad scope and requires a long time. The teacher needs a medium in the learning process to facilitate the delivery of learning material. There are various types of learning media, one of which is simulation media. This study aims to 1) Produce products in the form of learning media 3D tsunami simulations on appropriate natural disaster analysis and mitigation material for IPS Xl class students of Al Muslim Waru High School Sidoarjo 2) Knowing students' feasibility towards 3D Tsunami simulation learning media
The development model used is the Analysis Desain Development Implementation and Evaluation ADDIE development model. Data collection techniques in this study used a questionnaire validation of learning media experts and material experts using a Likert scale, for the response of students using the Guttman Scale.
The results of the study obtained after reviewing the media validation percentage scores from instructional media experts were 85%. The media validation percentage score from material experts was 81.7%. According to the Likert scale it can be concluded that the learning media is very feasible to be tested. The results of limited trials of student responses obtained were 83.35%. students' response to tsunami simulation learning media is very good
Keywords: Learning Media, Simulations, Tsunamis, Natural Disaster Analysis and Mitigation.