ABSTRAK
Purwatiningsih, Siti Dyah. 2019. Pengembangan Permainan Sirkuit untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar dan Bahasa Anak di RA Al-Qodir Wage Sidoarjo. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Konsentrasi Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, M. Pd., dan (II) Dr. Rachma Hasibuan, M. Kes.
Kata Kunci: Permainan Sirkuit, Motorik Kasar, Bahasa
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar dan bahasa anak kelompok A melalui permainan sirkuit “Kenali Aku”. Penelitian ini selain berdasarkan masalah pada anak kelompok A di RA Al-Qodir Wage Sidoarjo, juga didasarkan pada inovasi dalam pembelajaran yang di lakukan di Taman Kanak-Kanak.
Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Dick & Carey. Yang diantaranya adalah melakukan analisis kebutuhan dan tujuan, analisis pembelajaran, analisis pebelajar (siswa) dan konteks, merumuskan tujuan performansi atau unjuk kerja, mengembangkan instrumen atau alat tes, mengembangkan strategi pembelajaran, merancang dan melakukan evaluasi formatif, dan melakukan revisi. Hasil pengembangan berupa produk permainan sirkuit untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar dan bahasa anak kelompok A. Pengembangan media tersebut mencakup materi tentang pengenalan budaya Indonesia, yaitu baju adat yang ada di Indonesia. Penelitian dilakukan di kelas A1 di RA Al-Qodir Wage Sidoarjo.
Berdasarkan uji formatif kepada ahli dan anak diperoleh data-data kualitatif dan kuantitatif yaitu data kualitatif merupakan saran-saran dari ahli dan data kuantitatif berupa persentase dari lembar observasi anak. Berdasarkan penilaian uji formatif oleh para ahli dan juga observasi kepada anak, permainan sirkuit “Kenali Aku” layak dan efektif, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar dan bahasa anak kelompok A. Hal tersebut terbukti dari data hasil penelitian sebagai berikut: dari hasil validasi ahli yaitu ahli media permainan dan ahli perkembangan anak, didapatkan hasil layak dari semua aspek. Hasil uji coba perorangan anak di dapat hasil yaitu 5 anak mendapatkan nilai 100% dari semua aspek motorik kasar dan bahasa yang dinilai. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan 10 anak mendapatkan hasil 100% pada semua aspek motorik kasar dan bahasa dalam permainan sirkuit “Kenali Aku”. Hasil uji lapangan hasil pretest dan posttest anak menunjukkan bahwa 30 anak mengalami peningkatan motorik kasar dan bahasa dari nilai pretest dan posttest. Mean ranks atau rata-rata peningkatan tersebut adalah sebesar 15,50, sedangkan jumlah rangking positif atau sum of ranks adalah sebesar 465,00.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa permainan sirkuit “Kenali Aku” layak dan efektif untuk digunakan dalam mengembangkan motorik kasar dan bahasa pada anak Kelompok A di RA Al-Qodir Wage Sidoarjo.
ABSTRACT
Purwatiningsih, Siti Dyah. 2019. Development of Circuit Games to develop Gross Motoric Skill and Language in RA Al-Qodir Wage Sidoarjo. Thesis, Basic Education Study Program, Early Childhood Education Concentration, Surabaya State University Postgraduate Program. Mentor: (I) Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, M. Pd., dan (II) Dr. Rachma Hasibuan, M. Kes.
Key Word: Circuit game, gross motoric, language
This research aim to develop the gross motoric skill and children’s language of group A through the circuit game “Kenali Aku”. This research is based on the problems in group A in RA Al-Qodir Wage Sidoarjo, and also based on innovations in the kindergarten learning.
This research uses the Dick & Carey research and development model. Among them are identify instructional goals, write performance objectives, conduct instructional analysis, identify entry behaviors, develop criterion referenced test, develop instruction strategy, develop & select instructional materials, develop & conduct formative evaluation, revise, and develop & conduct summative evaluation. The result of the development in the form of circuit game products to develop gross motoric skills and children’s language of Group A. Development of the game includes material about the introduction of Indonesian culture, namely traditional clothes that exist in Indonesia. The study was conducted in slass A1 at RA Al-Qodir Wage Sidoarjo.
Based on the formative test to experts and children obtained qualitative and quantitative data, namely qualitative data are suggestions from experts and quantitative data in the form of a percentage of the child’s observation sheet. From the assessment of formative tests by experts and observations to children, the circuit game “Kenali Aku” is feasible and effective, so that it can be used in learning to develop gross motoric skills and children’s language in Group A. This is evident from the results of the research data as follows: from the results of expert validation namely game media experts and child development expert, the results obtained are feasible from all aspects. The results of individual children’s trials were obtained with the result that all children received 100% scores from all gross motor aspects and the language assessed. The results of a small group trial showed that 10 children received 100% result in all gross motor aspect and language in the circuit game “Kenali Aku”. The result of the field test of the pretest and posttest of children showed that 30 children experienced gross motor improvement and language from the pretest and posttest scores. Mean ranks of the average increase in 15.50, while the number of positive ranks or sum of ranks is 465.00.
Based on the results of data analysis, it can be concluded that the circuit game “Kenali Aku” is feasible and effective to be used in developing gross motor skills and language in group A at RA Al-Qodir Wage Sidoarjo.