PENGARUH GAME EDUKATIF TERHADAP PENGENALAN KONSEP DISIPLIN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
THE INFLUENCE OF EDUCATIONAL GAMES ON THE INTRODUCTION OF THE CONCEPT OF DISCIPLINE
IN CHILDREN AGED 5-6 YEARS
Adapun mengetahui pengaruh game edukatif terhadap pengenalan konsep disiplin anak dalam rentang usia 5-6 tahun merupakan tujuan dari penelitian yang telah dilakukan. Lokasi penelitian berada di TK Ar-Rohmah Surabaya, Jawa Timur. Penelitian dilakukan pada bulan Mei-Juni 2022. Pada penelitian ini pendekatan penelitian dengan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen semu (quasy experiment). Dimana sampel ditetapkan secara purposive sampling dengan kriteria khusus menggunakan rumus Slovin. Sampel pada penelitian ini berjumlah 58 anak dengan 29 anak pada kelas kelompok eksperimen dan 29 anak pada kelas kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan didapatkan dari berbagai literatur dan sumber yang dibuat dalam pertanyaan dengan bentuk skala Likert. Adapun observasi dan dokumentasi adalah teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Sehingga teknik analisis datanya menggunakan SPSS 26 for windows. Kemudian data tersebut dianalisis melalui data pra penelitian meliputi uji validitas dan reliabilitas. Setelahnya untuk hasil data pra penelitian tersebut akan dianalisis menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan treatment menggunakan game edukatif, diperoleh hasil nilai signifikansii pada pre dan post test pada kelas kelompok eksperimen hasilnya 0,000. Hal tersebut dapat dinyataakan bahwa hipotesis Ha diterima sedangkan H0 ditolak, dimana dalam penelitian ini terdapat perbedaan antara pemahaman konsep disiplin pada anak sebelum diterapkan media game edukatif dan sesudah diterapkannya. Adapun pada penelitian ini belum sampai pada implikasi dan pembiasaan pada anak dan hanya sebatas mengenalkan konsep disiplin pada anak dengan usia 5-6 tahun
As for knowing the influence of educational games on the introduction of the concept of child discipline in the age range of 5-6 years is the purpose of the research that has been carried out. The research location was in Ar-Rohmah Kindergarten Surabaya, East Java. The study was conducted in May-June 2022. In this study, the research approach with quantitative research uses the quasi-experimental method (quasy experiment). Where the sample is determined by purposive sampling with special criteria using the Slovin formula. The sample in this study was 58 children with 29 children in the experimental group class and 29 children in the control group class. The instruments used are obtained from various literature and sources made in questions in the form of a Likert scale. Observation and documentation are data collection techniques used in this study. So the data analysis technique uses SPSS 26 for windows. Then the data is analyzed through pre-research data including validity and reliability tests. After that, the results of the preresearch data will be analyzed using prerequisite tests and hypothesis tests. Based on the results of research that has been carried out using educational games, significant value results were obtained in the pre and post test in the experimental group class, the results were 0.000. It can be stated that the Hypothesis Ha is accepted while H0 is rejected, where in this study there is a difference between the understanding of the concept of discipline in children before the application of educational game media and after its application. As for this study, it has not yet reached the implications and habituation in children and is only limited to introducing the concept of discipline in children with aged 5-6 years