ANALISIS FRASA PADA SLOGAN IKLAN ROKOK ELEKTRIK BERBAHASA JERMAN
ANALYSIS OF THE PHRASE IN THE GERMAN ADVERTISING SLOGAN FOR ELECTRONIC CIGARETTES
Frasa adalah kata-kata dalam kalimat yang bersatu untuk membentuk unit dengan kompleksitas yang berbeda, unit tersebut disebut sebagai frasa atau kelompok kata. Frasa terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu frasa nomina, frasa adjektiv, frasa keterangan, frasa preposisi, frasa konjungsi. Adapun tujuan penelitian ini adalah Bagaimana Konstruksi frasa pada slogan iklan rokok Elektrik berbahasa jerman?. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode IC (Immediate Constituent). Teori yang di gunakan untuk mendeskripsikan penggunaan frasa pada slogan iklan rokok Elektrik berbahasa jerman menggunakan Teori Frasa oleh Duden (2009). Sumber data pada penelitian ini adalah iklan Rokok Elektrik berbahasa jerman. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan teori frasa menurut Duden (2009), dapat di lihat bahwa terdapat 24 frasa dalam beberapa iklan rokok. Frasa preposisi merupakan jenis frasa yang paling sering menjadi Inti (kern) di dalam kalimat slogan iklan rokok Elektrik berbahasa jerman. Sedangkan frasa selainnya, yaitu frasa Konjungsi, frasa Verba, frasa Keterangan, frasa Sifat, frasa Benda merupakan frasa yang membentuk inti pada kalimat slogan iklan rokok elektrik berbahasa jerman. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa konstruksi frasa pada kalimat slogan iklan rokok Elektrik berbahasa Jerman lebih sering menggunakan frasa Preposisi sebagai inti (kern) dalam kalimat. Sedangkan frasa lainnya di gunakan sebagai pembentuk inti pada kalimat slogan.
Phrases are words in sentences that come together to form units of different complexity, these units are referred to as phrases or groups of words. Phrases are divided into several types, namely noun phrases, adjective phrases, adverb phrases, prepositional phrases, conjunction phrases. The purpose of this study is How is the phrase construction in the slogan of the German-language electric cigarette ad? In this study, researchers used the IC (Immediate Constituent) method. The theory used to describe the use of phrases in the slogan of the German language cigarette advertisement using the phrase theory by Duden (2009). Data source in this research is German Electric Cigarette advertisement. Based on the results of data analysis using the phrase theory according to Duden (2009), it can be seen that there are 24 phrases in several cigarette advertisements. The prepositional phrase is the type of phrase that is most often the nucleus (kern) in the slogan sentence of an electric cigarette advertisement in German. While the other phrases, namely Conjunction phrases, Verb phrases, Descriptive phrases, Phrases of Nature, Phrases of Objects are phrases that form the core of the slogan sentence for an electric cigarette advertisement in German. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the construction of phrases in the slogans of the German-language cigarette advertisements more often uses the phrase Preposition as the core (kern) in the sentence. While other phrases are used as the core forming in the slogan sentence.
Keywords: phrases, slogans, advertisements