Hegemony in the film Anonyma - Eine Frau in Berlin by Max Färberböck
Sebuah film dengan latar Perang Dunia 2 merepresentasikan sebuah hegemoni berupa kekuasaan. Peristiwa yang diteliti adalah hegemoni kekuasaan, berlokasi di ibukota Jerman yaitu Berlin oleh tentara merah Uni Soviet yang mengepung ibukota, Uni Soviet berperan sebagai kelas penguasa. Penelitian yang dibahas termasuk penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan teori Antonio Gramsci yang ditemukan dalam film Anonyma – Eine Frau in Berlin karya Max Färberböck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 konsep kunci hegemoni dari Antonio Gramsci yang terjadi dalam film Anonyma – Eine Frau in Berlin yaitu konsep hegemoni, negara, dan ideologi. Konsep hegemoni kunci tersebut berjumlah 17 data yang terdiri dari: 7 kutipan dialog berkonsep hegemoni, 5 kutipan dialog berkonsep negara, dan 5 kutipan dialog berkonsep ideologi yang berisi pernyataan dari tokoh film. Sumber data berasal dari film yang diproduksi oleh Constantin Film AG, rumah produksi film asal München. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi yang diurutkan dengan cara meneliti, memahami, dan mengelompokkan. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi, menggolongkan, dan menyimpulkan hasil akhir. Penelitian ini menjelaskan bagaimana bentuk hegemoni Uni Soviet dalam memperlakukan perempuan Jerman seperti kekerasan seksual pasca Perang Dunia 2 berakhir. Tokoh dalam film menyebabkan hegemoni pada orang lain yang menguntungkan diri sendiri maupun kelompok. Hegemoni ini bersumber dari wewenang, kekuasaan, dan hak masing-masing individu atau tokoh yang terlibat di dalam film. Dari kerangka teori Gramsci, peneliti dapat mengetahui bagaimana tindakan para tokoh yang menunjukkan bentuk hegemoni Uni Soviet, serta bagaimana cara para perempuan di Berlin menghadapi hegemoni. Ide pemikiran Gramsci tentang hegemoni kekuasaan ini dinilai tepat menjadi landasan penelitian yang dilakukan peneliti.
A film with the backdrop of World War 2 represents a hegemony in the form of power. The events studied were the hegemonic power that is located in the capital of Germany, Berlin by the Red Army of the Soviet Union besieged the capital city, the Soviet Union's role as the ruling class. The research that will be discussed include qualitative research has the purpose to describe theory from Antonio Gramsci in the film Anonyma – Eine Frau in Berlin by Max Färberböck. The results show that there are 3 key concepts of hegemony from Antonio Gramsci that occur in the film Anonyma - Eine Frau in Berlin, namely the concept of hegemony, state, and ideology. The key hegemony concept consists of 18 data consisting of: 7 quotations from dialogue with the concept of hegemony, 5 quotations from dialogue with the concept of state, and 5 quotations from dialogue with the concept of ideology which contain statements from movie characters. The data source comes from a film produced by Constantin Film AG, home film production from Munich. The researcher used data collection techniques in the form of documentation are sorted by how to research, understand, and groups. Data analysis was performed with how to identify, classify, and infer the final result. This study explains how the form of the hegemony of the Soviet Union in the treat German women such as sexual violence after World War 2 ended. Figures in the film lead hegemony in others that benefit themselves or in groups. This hegemony is sourced from the authority, power, and rights of each individual or figures involved in the film. From the framework theory of Antonio Gramsci, researcher can determine how the actions of the figures which show the form of the hegemony of the Soviet Union, as well as how the women in Berlin face the hegemony. Ideas the thought of Gramsci on hegemony power is considered appropriate to be the basis of research conducted by researcher.