Upaya siswa dalam memecahkan masalah matematika sering melibatkan pemrosesan dari informasi-informasi yang terdapat pada masalah tersebut. Salah satu masalah yang sering muncul dalam matematika adalah masalah Geometri. Dalam penelitian ini, dideskripsikan pemrosesan informasi siswa laki-laki dan perempuan dalam memecahkan masalah Geometri menggunakan indikator pemrosesan informasi dalam memecahkan masalah yang meliputi proses perolehan informasi, pengolahan dan respon. Instrumen yang digunakan berupa tes pemecahan masalah Geometri tertulis yang terdiri dari 3 masalah geometri khususnya pada aplikasi trigonometri pada Geometri. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Lamongan kelas XI tahun ajaran 2018/2019 dengan mengambil 17 siswa sebagai partisipan dan 2 siswa sebagai subjek penelitian dengan rincian 1 subjek laki-laki dan 1 subjek perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemrosesan informasi antara siswa laki-laki dan perempuan terdapat perbedaan pada tahap merencanakan, eksekusi, dan melihat kembali. Sedangkan pada tahap memahami, relatif sama. Perbedaan yang terjadi dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti ingatan yang terjadi atau strategi solusi yang dimiliki sebelumnya.
Students' efforts in solving mathematical problems often involve the processing of information within the problem. One of the problems that often arises in mathematics is the problem of geometry. In this research, information processing of male and female students are described in solving Geometry problems by indicators of information processing in such as obtaining information, processing and response. The instrument was used in the form of written Geometry problem solving test, specifically the application of trigonometry in Geometry. This research was conducted in SMAN 2 Lamongan, eleventh grade in 2018/2019 academic year by taking 17 students as participants and 2 students as research subjects with details of 1 male subject and 1 female subject. The results of the study show that information processing between male and female students has difference in the stages of planning, executing, and looking back. While at the stage of understanding is same. The differences can be caused by several factor such as a memory that occurs or post solution strategy to solve a given problem.