ABSTRAK
PENERAPAN TEKNIK MODELLING TERHADAP KETERAMPILAN VOKASIONAL DALAM MEMBUAT KESET UNTUK SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS XII DI SMALB ACD PERTIWI KOTA MOJOKERTO
Nama : Nella Kunta Sasmitara
NIM : 15010044008
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Luar Biasa
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Hj. Asri Wijiastuti, M.Pd
Pendidikan bagi siswa tunagrahita ringan di jenjang SMALB lebih diutamakan pada keterampilan vokasional, dengan keterampilan vokasional tersebut dapat dijadikan bekal untuk siswa tunagrahita ringan agar mampu hidup mandiri. Diberikan di SMALB ACD Pertiwi Kota Mojokerto yaitu keterampilan membuat keset. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh penerapan teknik modelling terhadap keterampilan vokasional dalam membuat keset untuk siswa tunagrahita ringan kelas XII di SMALB ACD Pertiwi Kota Mojokerto. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif jenis pre eksperimen dan rancangan one group pre test-post test design. Teknik statistik yang digunakan dalam analisis data adalah wilcoxon. Menggunakan teknik modelling dengan 8 kali perlakuan. Hasil penelitian rata-rata menunjukkan = 14 menunjukkan Zh=2,37 lebih besar dibanding nilai krisis 5% Zt=1,96 yang dapat diartikan ada pengaruh signifikan teknik modelling terhadap keterampilan vokasional siswa tunagrahita ringan.
Kata kunci: Teknik Modelling, vokasional, keterampilan membuat keset.
Abstract
The Application Of Modeling Technique Toward Vocational Skill In Making Doormat For Mild Mentally Retardation Students Class XII In SMALB ACD Pertiwi Mojokerto City
Name : Nella Kunta Sasmitara
Study Program : S-1
Department : Special Education
Faculty : Education Science
Institution : Surabaya State University
Counselor : Dr. Hj. Asri Wijiastuti, M.Pd
The education for mild mentally retardation students in the level of Special Senior High School was prioritized more the vocational skill. The skill could be a provision for mild mentally retardation students so that they could live autonomously. Making doormat skill was given to SMALB ACD Pertiwi Mojokerto city. This research purpose was to observe the influence of Modeling technique application toward vocational skill in making doormat for mild mentally retardation students class XII in SMALB ACD Pertiwi Mojokerto city. The research approach used was quantitative with pre experiment kind and the arrangement was one group pre test – post test design. The statistic technique used in data analysis was Wilcoxon by using Modeling technique with 8 times treatment. The research result averagely indicated µT = 14, it indicated that Zh = 2,37 was greater than critic value 5% Zt = 1,96 which could be interpreted that there was significant influence of Modeling technique toward vocational skill to mild mentally retardation students.
Keywords: Modeling technique, vocational, making doormat skill.