Strategi Pemberdayaan Anak Berkebutuhan Khusus Studi Pada UPTD Kampung Anak Negeri Kalijudan Kota Surabaya
Empowerment Strategies For Children With Special Needs A Study at UPTD Kampung Anak Negeri Kalijudan Kota Surabaya
Pemerintah Kota Surabaya berupaya untuk mencapai perubahan Kota Layak Anak 2030 dengan memenuhi hak-hak anak di Indonesia, terutama anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemberdayaan anak berkebutuhan khusus yang dilaksanakan oleh UPTD Kampung Anak Negeri Kalijudan Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui teknik gabungan yang menganalisis secara signifikan sesuai dengan kondisi subjek dan lokasi. Fokus penelitian ini menggunakan teori Pendekatan Pemberdayaan oleh Edi Suharto yang terdiri dari lima indikator yaitu, Pemungkinan, Penguatan, Perlindungan, Penyokongan, dan Pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UPTD Kampung Anak Negeri Kalijudan telah menerapkan pemberdayaan yang mencakup aspek keagamaan, kebudayaan, sosial, pendidikan dan keterampilan. Namun, terdapat tantangan yang dihadapi seperti ketersediaan sumber daya pendamping yang tidak seimbang dan pemberian pengajaran yang belum merata untuk seluruh anak berkebutuhan khusus di UPTD Kampung Anak Negeri Kalijudan Kota Surabaya. Dengan ini, peneliti memberikan beberapa saran yang diharapkan dapat meningkatkan pelaksanaan pemberdayaan anak berkebutuhan khusus sebagai berikut: diharapkan meningkatkan pelaksanaan keagamaan, mengembangkan keterampilan kebudayaan, menigkatkan aksesibilitas pendidikan dan pelatihan agar seluruh anak dapat menerima pengajaran yang setara, dan diharapkan menyediakan layanan bimbingan konseling psikologis.
Kata Kunci: pemberdayaan, anak berkebutuhan khusus, UPTD Kampung Anak Negeri Kalijudan Kota Surabaya
The Government of Surabaya strives to achieve the transformation of the 2030 Children’s City by meeting the rights of children in Indonesia, especially children with special needs. This research aims to identify the empowerment strategiy for children with special needs implemented by UPTD Kampung Anak Negeri Kalijudan Kota Surabaya. This research uses descriptive methods with a qualitative approach through combined techniques that analyze significantly according to the condition of the subject and the location The focus of this research is on Edi Suharto’s Empowerment Approach Theory, which includes 5 (five) indicators: possibility, strengthening, protection, consolidation, and maintenance. The results of the research show that UPTD Kampung Anak Negeri Kalijudan Kota Surabaya has implemented empowerment that covers religious, cultural, social, educational, and skills aspects. However, there are challenges to be faced, such as the availability of unbalanced support resourch and the uneven teaching of all children with special needs in the UPTD Kampung Anak Negeri Kalijudan Kota Surabaya. Through this, the researchers provide some suggestions that are expected to improve the implementation of the empowerment of children with special needs, as follows: it is expected to enhance the practice of religion, develop cultural skills, improve the accessibility of education and training so that all children can receive equal education, and it is anticipated to provide psychological counseling guidance service.
Keywords: empowerment, children with special needs, UPTD Kampung Anak Negeri Kalijudan Kota Surabaya