MOBILE LEARNING “ASMERALDA” UNTUK PEMBELAJARAN FLUIDA STATIS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
MOBILE LEARNING “ASMERALDA” FOR TEACHING STATIC FLUID AT SENIOR HIGH SCHOOLS
Penelitian ini menerapkan metode Research and Development (R&D) untuk mengembangkan media mobile learning untuk pembelajaran materi fluida statis yaitu “Asmeralda” (Aplikasi Mobile Learning Fisika Fluida). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kelayakan “Asmeralda” yang diterapkan di kelas Fisika. Dalam mengembangkan “Asmeralda”, penelitian ini mengikuti langkah-langkah ADDIE: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari dosen ahli dan siswa SMA di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan respon positif terhadap “Asmeralda” sebagai media pembelajaran berbasis mobile untuk pembelajaran fluida statis. Rata-rata penilaian kelayakan menurut dosen ahli sebagai validator media: materi 91% sangat layak, media 92,8% sangat layak, dan penilaian 91,7% sangat layak. Media menurut siswa 92% layak, 94% praktis, dan 90% efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis mobile “Asmeralda” layak untuk pembelajaran materi fluida statis di SMA. Namun kesimpulan ini didasarkan pada satu kasus di salah satu sekolah di Surabaya. Kajian lebih lanjut dalam implementasi Asmeralda dan mobile learning sangat penting untuk strategi yang lebih baik dalam mengembangkan media informasi berbasis komputer.
Kata kunci: Mobile Learning; Fluida Statis; Media Pembelajaran
This study applied Research and Development (R&D) method for developing a mobile learning media for teaching static fluid material namely “Asmeralda” (Aplikasi Mobile Learning Fisika Fluida). The aim of this study is to assess the feasibility of “Asmeralda” implemented in Physics class. In developing “Asmeralda”, this study follows the ADDIE steps: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The data collection used questionaries and interviews. The participants in this study consist of expert lecturers and senior high school students in Surabaya. The results show positive response towards "Asmeralda" as mobile based learning media for teaching static fluid. The average feasibility assessment according to expert lecturers as media validators: the material is 91% very feasible, the media is 92.8% very feasible, and the assessment is 91.7% very feasible. The media according to students is 92% feasible, 94% practical, and 90% effective. Based on these results, it can be concluded that the mobile based learning media "Asmeralda" is feasible for teaching static fluid material at Senior High School. However, this conclusion is based on one case in one school in Surabaya. Further study in the implementation of Asmeralda and mobile learning is crucial for better strategy in developing media-based computer information.
Keywords : Mobile Learning; Static Fluid; Learning Media