Deiksis Persona Dalam Iklan Vodafone di Youtube
Persona Dexis in Vodafone Advertisements on Youtube
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 3 jenis deiksis persona berdasarkan teori yang dikemukakan oleh George Yule yang digunakan pada iklan Vodafone di Youtube. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik dokumentasi untuk pengumpulan data penelitian. Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa kata yang terindikasi sebagai deiksis persona pada sumber data berupa 5 iklan Vodafone di Youtube. Penganalisisan data pada penelitian ini melewati 3 tahapan, yaitu mencermati satuan lingual yang teridentifikasi sebagai deiksis persona, mengklasifikasikan data yang ditemukan ke dalam jenis-jenis deiksis person berdasarkan teori milik George Yule, dan menganalisis dan menjelaskan data yang ditemukan berupa kata yang termasuk ke dalam jenis-jenis deiksis persona terkait konteks yang mempengaruhi referen atau acuannya di dalam tuturan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu data deiksis persona orang pertama yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu “Ich” sebagai deiksis persona orang pertama tunggal dan “Wir” sebagai deiksis persona orang pertama jamak, data deiksis persona orang kedua yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu“Du” sebagai deiksis persona orang kedua tunggal dan informal dan “Ihr” sebagai deiksis persona orang kedua jamak, dan data deiksis persona orang ketiga yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu “Er” sebagai deiksis persona orang ketiga laki-laki dan “Es” sebagai deiksis persona orang ketiga benda konkret atau benda abstrak.
Kata kunci: deiksis persona, deiksis persona orang kedua, deiksis persona orang ketiga, deiksis persona orang pertama.
This research aims to describe 3 types of persona deixis based on the theory proposed by George Yule used in Vodafone advertisements on Youtube. This research uses descriptive qualitative method with documentation technique for data collection. The data obtained in this research are words that are indicated as persona deixis in the data source in the form of 5 Vodafone advertisements on Youtube. The data analysis in this research goes through 3 stages, namely looking at the lingual units identified as persona deixis, classifying the data found into types of person deixis based on George Yule's theory, and analyzing and explaining the data found in the form of words included in the types of persona deixis related to the context that affects the referent or reference in the speech. The data obtained in this study are first person deixis data which is divided into two types, namely "Ich" as singular first person deixis and "Wir" as plural first person deixis, second person deixis data which is divided into two types, "Du" as singular and informal second person deixis and "Ihr" as plural second person deixis, and third person deixis data which is divided into two types, namely "Er" as male third person deixis and "Es" as third person deixis of concrete objects or abstract objects.
Keywords: first person deixis, second person deixis, persona deixis, third person deixis.