BASA HUMOR COVID-19 SAJRONE MEDHIA SOSIAL Facebook lan Twitter
(Tintingan Pragmatik)
Bahasa memiliki peran yang sangat penting guna keberlangsungan hidup dan bersosialisasi, terutama sebagai alat komunikasi dan interaksi antar manusia. Bahasa sendiri tebagi menjadi bahasa lisan dan tulis jika diklasifikasikan menurut sarana penggunaannya. Bahasa humor di media sosial saat ini memiliki berbagai aneka warna dan macam, selain itu semuanya memiliki ciri khas kebahasaan yang berbeda, utamanya bahasa humor. Penggunaan bahasa humor dalam media sosial memiliki sifat unik dikarenakan mengandung aspek penciptaan humor yaitu dari unsur fonologi yang lebih bersifat sebagai candaan dan plesetan yakni kemiripan wujud kata yang asli dengan kata yang diplesetkan serta memiliki makna yang berbeda.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian berupa wacana media sosial mengenai covid-19 yang mengandung unsur humor. Cara pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode menyimak, dan dilanjutkan dengan teknik mencatat. Data yang telah terkumpul kemudian dibagi kembali menjadi rumusan masalah, yang kemudian dianalisis.
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian mengenai bahasa humor covid-19 pada media sosial facebook dan twitter, disimpulkan bahwasanya : (1) unsur pambangun humor berdasarkan aspek kebahasaan yaitu aspek fonologis, (2) penyimpangan prinsip kesopanan terhadap Bahasa Humor Covid dalam Media Sosial Facebook lan Twitter Terbagi menjadi penyimpangan maksim kebijaksanaan, penyimpangan maksim kemurahan, penyimpangan maksim penerimaan, penyimpangan maksim kerendahan hati, penyimpangan maksim kesimpatian, dan (3) fungsi humor medhia sosial mengenai covid-19 yaiku fungsi kritik sosial.
Language has a very important role for survival and socialization, especially as a means of communication and interaction between humans. Language itself is divided into spoken and written language when classified according to the means of use. The language of humor in social media today has various colors and kinds, besides that all of them have different linguistic characteristics, especially the language of humor. The use of the language of humor in social media has a unique character because it contains aspects of the creation of humor, namely from phonological elements which are more of a joke and a play on, namely the similarity of the original word form to the word that is mocked and has different meanings.
This study used descriptive qualitative method. The data in the research is in the form of social media discourse about Covid-19 which contains elements of humor. The method of collecting data in this study uses the listening method, and is followed by note-taking techniques. The collected data is then divided into problem formulations, which are then analyzed.
Based on the discussion of the results of research on the humorous language of Covid-19 on social media Facebook and Twitter, it is concluded that: (1) the building elements of humor are based on linguistic aspects, namely phonological aspects, (2) deviations from the principle of decency towards the Language of Covid humor in Social Media Facebook and Twitter Divided become deviations from the maxims of wisdom, deviations from the maxims of generosity, deviations from the maxims of acceptance, deviations from the maxims of humility, deviations from the maxims of sympathy, and (3) the social media humor function regarding Covid-19, namely the function of social criticism.