ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA POHON NERACA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN
THE ANALYSIS OF USE THE BALANCE TREE MEDIA TO ABILITY AN EARLY COUNTING SKILL FOR CHILDREN AGE 5-6 YEARS
Kemampuan berhitung permulaan merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh anak usia dini. Kemampuan berhitung permulaan bisa ditingkatkan melalui media pembelajaran misalnya dengan menggunakan media pohon neraca. Media pohon neraca digunakan dalam kegiatan konsep bilangan dan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui adanya pengaruh media pohon neraca pada kemampuan menghitung permulaan anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan yaitu literature review yakni menggunakan kajian-kajian pustaka dalam suatu penelitian ilmiah yang berkaitan dengan variabel yang ada dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menganalisis beberapa penelitian yang relevan dari artikel terkait yang diperoleh dan disimpulkan. Kemampuan berhitung permulaan anak usia dini 5-6 tahun yaitu meliputi pengenalan angka, konsep bilangan dan penjumlahan sederhana. Berdasarkan hasil analisis beberapa literatur penelitian relevan diperoleh bahwa penggunaan media pohon neraca dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun, hal tersebut bisa terlihat dari kenaikan hasil pre-test ke post-test pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol serta uji coba lapangan dari hasil pengembangan penelitian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jika rata-rata penggunaan media pohon neraca dapat meningkatkan kemampuan menghitung permulaan anak usia 5-6 tahun.
Early counting skill is one of the ability for early childhood. Early counting skill can be improved use learning media for example used balance tree media. Balance tree media be used for concept of numbers and counting. This research have purpose to describe and find out influence of the balance treeĀ media on early counting skill of children age 5-6 years. The method of research used is literature review or research use literature studies in scientific relevant research of all the variable on this research. The analysis technique used is to analyze some relevant research from journal and article online acquired and concluded. Early counting skill of children age 5-6 years involved recognition numbers, consept of numbers and simple counting. Based on the results of some literature relevant analysis about use the balance tree media on early counting skill, can be known from results enhancement of pre-test, post-test the group experiment rather than the group control and results of main field test on research and development. Therefore this concluded of this research is the balance tree media can be increased on early counting skill of children age 5-6 years.