Mahasiswa sebagai aset bangsa kelak di masa depan diharapkan mampu menjadi agent of change dalam hal yang positif. Komunitas Urban Care Community merupakan salah satu komunitas di Surabaya terdiri dari kalangan pemuda mayoritas berasal dari mahasiswa-mahasiswa dari perguruan tinggi di Surabaya. Turut memberikan aksi nyata untuk berkonstribusi di salah satu Kawasan pinggiran Stren Kali Jagir Kampung Baru Bratang Tangkis PDAM Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas mahasiswa anggota komunitas Uban Care dalam perannya menumbuhkan karakter percaya diri pada anak-anak yang tinggal di Stren Kali Jagir Kampung Baru Bratang Tangkis PDAM Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif metode deskriptif. Dalam memilih informan peneliti menggunakan teknik snowball sampling dengan informan kunci Mochammad Lutfi selaku mahasiswa anggota komunitas Urban Care Community juga sebagai coordinator program kerja dari Urban Care Community. Informan di dalam penelitian ini berjumlah 7 orang sesuai dari arahan informan kunci yang telah dipilih oleh peneliti. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teori peran (role theory) dari Bruce J. Biddle dan Edwin J. Thomas. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ini diperoleh data bahwa peran mahasiswa anggota komunitas Urban Care Community dalam upaya menumbuhkan karakter percaya diri anak yang tinggal di Stren Kali Jagir Kampung Baru Bratang Tangkis PDAM Surabya melalui tiga peranan meliputi motivasi, menggali potensi di bidang akademis maupun non akademis dan memberi kesempatan sebanyak mungkin bagi anak didik untuk lebih banyak berinteraksi dan mencoba hal baru. Ketiga peranan tersebut teraplikasikan dalam dua program kerja komunitas Urban Care Community yakni ayo belajar dan ayo berbudaya.Kata Kunci: peran, mahasiswa, karakter percaya diri
Students as the nation's assets in the future are expected to be able to become agents of change in positive terms. The Urban Care Community is one of the communities in Surabaya consisting of the majority of young people coming from students from universities in Surabaya. Also giving a real action to contribute in one of the suburbs of Stren Kali Jagir Kampung Baru Bratang Tangkis PDAM Surabaya. This study aims to determine the activity of students in the community of Uban Care in their role in fostering a character of confidence in children who live in Stren Kali Jagir Kampung Baru Bratang Tangkis PDAM Surabaya.
This study uses a qualitative type of descriptive method. In selecting informants the researcher used a snowball sampling technique with key informant Mochammad Lutfi as a student member of the Urban Care Community community as well as the coordinator of the Urban Care Community work program. The informants in this study were 7 people according to the key informant direction chosen by the researcher. Data collection research uses in-depth interview techniques, observation and documentation. In this study using role theory from Bruce J. Biddle and Edwin J. Thomas. The validity of the data uses technical triangulation and source triangulation. Based on the research that has been done, the data shows that the role of students in the Urban Care Community community in an effort to foster the confidence character of children living in Surabya PDAM in Stren Kali Jagir, Kampung Baru, Bratang Tangkis, includes motivation, exploring potential in academic and non-academic fields and give as many opportunities as possible for students to interact more and try new things. The three roles were applied in the two work programs of the Urban Care Community, namely Ayo Belajar and Ayo Berbudaya.
Keywords: roles, students, character of confidence