PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI HOMESCHOOLING KAK SETO SURABAYA
THE EFFECT OF ONLINE LEARNING MODELS ON STUDENTS' LEARNING OUTCOMES IN KAK SETO'S HOMESCHOOLING SURABAYA
Penyelenggaraan pembelajaran berbasis daring memiliki banyak kekurangan dan hambatan sehingga dapat berdampak pada hasil belajar siswa. Program Homeschooling Kak Seto Surabaya (Home Schooling Kak Seto) dapat menjadi solusi alternative untuk mengatasi hal tersebut karena memiliki pendekatan secara “at home” untuk menciptakan kenyamanan pada siswa dalam belajar. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis daring di masa pandemi terhadap hasil belajar siswa di Program Homeschooling Kak Seto Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adaah analisis uji regresi sederhana. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan survei. Hasil yang diberikan dalam penelitian menunjukkan nilai sig > alpha (0.05), hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa di Program Homeschooling Kak Seto Surabaya. Kesimpulannya adalah dengan adanya metode pembelajaran daring siswa dituntut untuk lebih mandiri, kondusif dan tetap fokus mengikuti pelajaran.
Kata kunci: home schooling,pembelajaran daring, hasil belajar, covid-19.
The implementation of online or distance-based learning still has many shortcomings and obstacles so that it can have an impact on student learning outcomes. Kak Seto's Homeschooling Surabaya Program can be an alternative solution to overcome this problem because it has an "at home" approach to create comfort for students in learning. The purpose of this study was to determine the effect of online-based learning models during the pandemic on student learning outcomes in Kak Seto's Homeschooling Program Surabaya. The method used in this study is a quantitative method. The data analysis technique used in this research is simple regression analysis. Collecting data in this study using questionnaires and surveys. The results given in the study show the value of sig > alpha (0.05), it shows that there is an influence between online learning models on student learning outcomes in Kak Seto's Homeschooling Program Surabaya. With the online learning method, students are required to be more independent, conducive and stay focused on learning.
Keywords: home schooling, online learning, study output, covid-19.