ANALYSIS OF ELECTRONIC GOVERNMENT IMPLEMENTATION THROUGH ANJUNGAN DUKCAPIL MANDIRI MACHINERY (ADM) (Case Study at Public Service Mall Magetan Regency)
Seiring dengan berkembangnya teknologi, semakin tinggi pula tuntutan masyarakat kepada pemerintah untukmemberikan pelayanan terbaik. Direktorat Jendral Dukcapil berupaya memenuhi tuntutan masyarakattersebutdengan menciptakan mesin yang Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Masyarakat dapat mencetak sendiridokumen kependudukan dengan waktu yang singkat menggunakan mesin ADM. Kabupaten Magetanmerupakankabupaten/kota pertama di Indonesia yang melakukan pengadaan mesin ADM. Mesin ADM pertama diKabupaten Magetan terletak pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Magetan pada tahun 2020.Tujuan penelitianini adalah mendeskripsikan penerapan electronic government melalui Anjungan DukcapilMandiri (ADM) padaMal Pelayanan publik Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan jenispenelitian deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, studi kepustakaan,observasi, dan dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan tiga faktorkeberhasilan electronic governmentoleh Hafid (2017) yang meliputi institutional success factor, organizational success factor, technologycal succesfactor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapanmesin ADM di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Magetanbelum berjalan baik sepenuhnya. Pada faktor keberhasilan kelembagaan pemimpin Disdukcapil KabupatenMagetan berpengaruh dalam penerapan inovasi mesin ADM. Standard Operational Procedure (SOP) mengenaipengoperasian mesin ADM dapatdiakses di media sosial resmi Disdukcapil Kabupaten Magetan. Pada faktorkeberhasilan organisasi, pengorganisasian belum dilaksanakan dengan baik namun pada aspek anggaran tidak adakendala. Pada faktor keberhasilan teknologi, pelaksanaan inovasi mesin ADM di Mal Pelayanan PublikKabupaten Magetan didukung dengan sumber daya manusia dan peralatan memadai, namun kualitas cetaknyamasih kurang baik. Peneliti memberikan saran kepada Disdukcapil Kabupaten Magetan untuk memperbaikikualitas cetak dan memperbaiki pengorganisasian mengenai mesin ADM.
Along with the development of technology, the higher the demands of society on the government to provide the bestservice. The Directorate General of Dukcapil seeks to meet the demands of the community by creating a machinecalled the Independent Dukcapil Pavilion (ADM). People can print their own population documents in a short timeusing the ADM machine. Magetan Regency is the first regency/city in Indonesiato procure ADM machines. Thefirst ADM machine in Magetan Regency is located at the Magetan Regency Public Service Mall in 2020. The purposeof this study is to describe the application of electronic government through the Mandiri Dukcapil Pavilion (ADM)at the Magetan Regency Public Service Mall. This study usesa qualitative methodology with a descriptive type ofresearch. This research data collection using interview techniques, literature study, observation, anddocumentation. The analysis of this study uses three success factors of electronic government by Hafid (2017)which include institutional success factors, organizational success factors, and technological success factors. Theresults showed that the application of the ADM machine in the Public Service Mall of Magetan Regency had notrun completely well. In the institutional success factor, the Disdukcapil leader of Magetan Regency has an effect onthe application of ADM machine innovation. The Standard Operational Procedure (SOP) regarding the operation of the ADM machine can be accessed on the official social media of the Magetan Regency Disdukcapil. In the organizational success factor, the organization has not been carried out properly but in the budget aspect there are no obstacles. Onthe technological success factor, the implementation of ADM machine innovation at the Magetan Regency Public Service Mall is supported by adequate human resources and equipment, but the print quality is still not good. The researcher gave advice to the Disdukcapil of Magetan Regency to improve print quality and improve the organization of the ADM machine.