THE EFFECT OF APPLICATION OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA ON CRITICAL ATTITUDES OF PHYSICAL EDUCATION, SPORTS, AND HEALTH
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran interaktif terhadap sikap kritis pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Exsperimental dengan tipe One Group Pretest-Posttes. Sampel dari penelitian ini yaitu 33 siswa kelas X BDP 1 SMKN 2 Buduran. Data yang diperoleh diuji dengan uji analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan Paired Sample T-test. Hasil uji normalitas memiliki nilai Sig. (2-tailed) lebih dari > 0,5 yaitu 0,907, yang dapat diartikan bahwa data yang diperoleh berdistribusi normal. Hasil T-test memiliki nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari < 0,5 yaitu 0,00, maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan media pembelajaran interaktif yang berupa power point yang di dalamnya terdapat video slow motion terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran interaktif pada materi passing dalam permainan bola voli terdapat peningkatan pada keterampilan berpikir kritis peserta didik.
This study aims to determine the effect of application of interactive learning media on critical thinking in physical education subjects. This study used a pre-experimental research design with the type of one-group pretest-posttest. The sample of this research is 33 students of class X BDP 1 SMKN 2 Buduran. The data obtained were tested by descriptive analysis, normality, homogeneity, and paired sample t-test. The results of the normality test have a Sig value. (2-tailed) is more than > 0.5, which is 0.907, which means that the data obtained is commonly distributed. The results of the T-test have a Sig value. (2-Tailed) less than < 0.5, which is 0.00, it can be interpreted that there is a significant influence in the application of interactive learning media in the form of power points. There is a slow-motion video on students' critical thinking skills. So it can be concluded that the application of interactive learning media on passing material in volleyball games has increased students' critical thinking skills.