ABSTRAK
Jati Ulung Nusantoro, 2019. Pengembangan Buku Ajar Paduan Suara Bades (Baca, Dengar, Suarakan) Berbasis Musik Daerah Surabaya Bagi Siswa SMK. Tesis, Program Studi Pendidikan Seni Budaya, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Prof. Dr. H Haris Supratno, dan 2) Dr. I Nyoman Lodra, M.Si.
Kata kunci: model pembelajaran bades (baca, dengar, suarakan); paduan suara; musik daerah; siswa smk negeri 12
SMK NEGERI 12 merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang memiliki tujuan yang kuat untuk mencapai kualitas hasil pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara yang lebih baik. Maka, penelitian ini bertujuan untuk 1) mendiskripsikan proses pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara pada siswa SMK NEGERI 12 Surabaya menggunakan model pembelajaran BADES (Baca, Dengar, Suarakan), 2) mendiskripsikan kualitas pengembangan model pembelajaran BADES (Baca, Dengar, Suarakan) dilihat dari kevalidan dan keterlaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara pada siswa SMK NEGERI 12 Surabaya, dan 3) mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran BADES (Baca, Dengar, Suarakan) pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara pada siswa SMK NEGERI 12 Surabaya.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Sumber data utama dalam penelitian ini diperoleh dengan snowball sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa 1) kualitas model pelatihan paduan suara yang dikembangkan ditentukan berdasarkan kelayakan materi, kelayakan desain, dan kelayakan bahasa, 2) pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan, keteladanan serta pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran, 3) keefektifan model pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara baca, dengar, suarakan berdasarkan respon apresiator dari hasil akhir uji coba yang diperoleh adalah 597 dari skor maksimal 675 dengan persentase 85%.
ABSTRACT
Jati Ulung Nusantoro, 2019. Development of Bades Choir Textbook (Read, Listen, Voice) Based on Surabaya Regional Music for Vocational Students. Thesis, Art and Culture Education Study Program, Surabaya State University Postgraduate Program. Advisors (1) Prof. Dr. H Haris Supratno, and 2) Dr. I Nyoman Lodra, M.Sc.
Keywords: bades learning model (read, listen, voice); choir; folk music; high school students 12
STATE 12 VOCATIONAL SCHOOL is one of the Vocational High Schools which has a strong goal to achieve better quality of extracurricular choir learning outcomes. Thus, this study aims to 1) describe the process of choir extracurricular learning in students of SMK NEGERI 12 Surabaya using the BADES learning model (Read, Listen, Speak), 2) describe the quality of developing the BADES learning model (Read, Listen, Speak) viewed from validity and the implementation of choir extracurricular learning for students of SMK NEGERI 12 Surabaya, and 3) describing the effectiveness of the BADES learning model (Read, Listen, Speak) for choir extracurricular learning for students of SMK NEGERI 12 Surabaya.
The research approach used is a descriptive qualitative approach. The main data source in this study was obtained by snowball sampling. Data collection techniques in this study used three techniques, namely questionnaires, observations, interviews, and documentation. The conclusion of this study states that 1) the quality of the choir training model developed is determined based on the appropriateness of the material, the appropriateness of the design, and the appropriateness of the language, 2) the implementation of character education through habituation, modeling and integrating character values in learning, 3) the effectiveness of the learning model choir extracurricular read, hear, sound based on the appreciation of the response from the final results of the trial obtained is 597 of a maximum score of 675 with a percentage of 85%.