PENGEMBANGAN PERMAINAN PADA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR
ABSTRAK
Haryadi, Rudi. 2023. Pengembangan Permainan Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi S 2 Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I)., dan pembimbing (II).
Kata-kata Kunci: Pengembangan, Permainan, Kelas 2
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan permainan pada siswa kelas 2 sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (research & development). Subyek pada penelitian ini menggunakan seluruh siswa di SDN Tanjungsari kelas 2 untuk percobaan kelompok kecil. Untuk percobaan kelompok besar di SDN Sumberdodol 1 dan SDN Milangasri 1 Kelas 2 Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan. Permainan yang dikembangkan adalah permainan batalyon, permainan piramida dan permainan sekoci. Tahap penelitian meliputi tahap pra pengembangan diantaranya (1) Study literatur (2) Analisa kebutuhan (3) Menyusun proposal penelitian (4) Perencanaan dan pembuatan produk awal. Lalu tahap pengembangan diantaranya (1) Revisi produk awal (2) Uji coba lapangan awal (3) Revisi produk kedua (4) Uji coba lapangan kedua (5) Revisi produk akhir dan yang terakhir desiminasi atau tahap produksi dari hasil pengembangan. Instrument tes pada penelitian ini menggunakan intrumen tes keterampilan gerak dasar yang dikembangkan oleh Bahtiar (2015). Sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis uji beda (t-test). Dari data pretest dan posttest uji coba kelompok kecil siswa mengalami peningkatan keterampilan gerak dasar dengan taraf siginfikasi sebesar 0.000. dan dari data pretest dan posttest uji coba kelompok besar siswa juga mengalami peningkatan keterampilan gerak dasar dengan taraf siginfikasi sebesar 0.001.
Berdasarkan beberapa tahapan uji coba dari awal sampai akhir serta hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan dapat dikatakan efektif, namun perlu pengembangan lagi di penelitian selanjutnya.
ABSTRACT
Harryadi, Rudi. 2023. Game Development for Grade 2 Elementary School Students. Thesis, Sports Education Study Program, Postgraduate Program, Surabaya State University. Advisor: (I)., and supervisor (II).
Key Words: Development, Games, Class 2
This study aims to determine the development of games in grade 2 elementary school students.
This research uses the type of research and development (research & development). The subjects in this study used all students at Grade 2 Tanjungsari Elementary School for small group experiments. For a large group experiment at SDN Sumberdodol 1 and SDN Milangasri 1 Class 2, Panekan District, Magetan Regency. The games developed are battalion game, pyramid game and lifeboat game. The research phase includes the pre-development stage including (1) Literature study (2) Needs analysis (3) Preparing research proposals (4) Planning and manufacturing of initial products. Then the development stages include (1) Initial product revision (2) Initial field trial (3) Second product revision (4) Second field trial (5) Final product revision and finally the dissemination or production stage of the development results. The test instrument in this study used the basic movement skills test instrument developed by Bahtiar (2015). Meanwhile, data analysis in this study used different test analysis (t-test). From the pretest and posttest data from the small group trials, students experienced an increase in their basic movement skills with a significance level of 0.000. and from the pretest and posttest data from the large group trials, students also experienced an increase in their basic movement skills with a significance level of 0.001.
Based on several trial stages from start to finish and the results of data analysis, it can be concluded that game development can be said to be effective, but further development is needed in further research.