MOTIVASI SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 BABAT DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER FUTSAL
Nama : Ahmad Rizki Alifia Putra
NIM : 20060464089
Program Studi : S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Fakultas : Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Nanang Indriarsa, S.Pd., M.Psi.T.
Motivasi sendiri memegang peran penting bagi kehidupan seseorang, sebab motivasi merupakan salah satu faktor penentu dan pendorong tingkah laku manusia, sehingga dengan adanya motivasi seseorang dapat mendorong dirinya untuk lebih giat berlatih dan mencapai hasil yang maksimal. Agar peranan motivasi lebih optimal, maka prinsip-prinsip motivasi dalam belajar tidak hanya diketahui, tetapi juga harus diterangkan dalam aktivitas sehari-hari. sekolah membekali siswa dengan dua jenis kegiatan, yaitu kegiatan di dalam kelas dan ekstrakurikuler. Sama seperti eksreakurikuler futsal, keaktifan peserta sendiri dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal sendiri sangat dipegaruhi oleh faktor pendorong yaitu motivasi. Akan tetapi pada sekolah SMA Muhammadiyah 1 Babat, mendapatkan permasalahan bahwa ekstrakurikuler futsal mengalami penurunan partisipasi peserta pada setiap pertemuan, hal ini menandai atas kurang optimalnya kegiatan untuk mencapai tujuan. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui tingkat motivasi peserta dan faktor apa yang mempengaruhi tingkat motivasi siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler futsal di SMA Muhammadiyah 1 Babat. Pada penelitian ini menggunakan semua populasi peserta ekstrakurikuler futsal yang berjumlah 20 peserta, dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan korelasi.
Hasil pada penelitian ini menyatakan bahwa tingkat motivasi secara keseluruhan peserta ekstrakurikuler futsal SMA Muhammadiyah 1 Babat sebesar 116,80 masuk dalam kategori sedang dan kedua faktor dapat dikatan saling berhubungan dengan motivasi atau mempengaruhi motivasi, dilihat menggunakan uji hipotesis dan uji liniertas. dari data yang diperoleh uji hipotesis yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dinyatakan motivasi mempengaruhi partisipasi dan uji linieritas memperoleh hasil motivasi intrinsik mendapatkan nilai Sig. 0,45 > 0,05 dan motivasi ekstrinsik memperoleh nilai Sig. 0,22 > 0,05. Dengan nilai tersebut dapat dikatakan bahwa kedua faktor tersebut dapat mempengaruhi motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal SMA Muhammadiyah 1 Babat berdasarkan hasil tersebut dapat dikategorikan Tingkat motivasi siswa SMA Muhammadiyah 1 Babat dalam mengikuti ekstraklurikuler futsal yaitu sedang dengan presentase 35%.
Kata Kunci : Ekstrakurikuler, Motivasi, dan Partisipasi
STUDENTS' MOTIVATION OF MUHAMMADIYAH 1 BABAT SENIOR HIGH SCHOOL IN PARTICIPATING IN FUTSAL EXTRACURRICULAR ACTIVITIES
Name : Ahmad Rizki Alifia Putra
Study Program : Bachelor of Physical Education Health and Recreation
Faculty : Faculty of Sports and Health Sciences
Name of Institution : Surabaya State University
Supervisor : Nanang Indriarsa, S.Pd., M.Psi.T.
Self-motivation plays an important role in a person's life, as it is one of the determining factors and drivers of human behavior. With motivation, a person can encourage themselves to practice more diligently and achieve optimal results. To make the role of motivation more effective, the principles of motivation in learning should not only be understood but also applied in daily activities. Schools provide students with two types of activities: in-class activities and extracurricular activities. Similar to the futsal extracurricular activity, the participants' own engagement in joining the futsal extracurricular activity is heavily influenced by a driving factor, which is motivation. However, at Muhammadiyah 1 High School in Babat, there is an issue where the futsal extracurricular has experienced a decline in participant involvement at each meeting, indicating that the activity is not optimally achieving its goals.The purpose of this research is to determine the level of motivation of the participants and the factors influencing the motivation of students in the futsal extracurricular activities at Muhammadiyah 1 High School in Babat. This research uses the entire population of futsal extracurricular participants, totaling 20 participants, with a descriptive quantitative and correlation research design.
The results of this study show that the overall motivation level of the futsal extracurricular participants at Muhammadiyah 1 High School in Babat is 116.80, which falls under the moderate category. Both factors can be said to be interconnected with motivation or affect motivation, as seen using hypothesis testing and linearity testing. The data obtained from hypothesis testing showed a value of 0.000 < 0.05, indicating that motivation affects participation. The linearity test showed that intrinsic motivation had a Sig. value of 0.45 > 0.05, and extrinsic motivation had a Sig. value of 0.22 > 0.05. Based on these values, it can be said that both factors can influence students' motivation in participating in futsal extracurricular activities at Muhammadiyah 1 High School in Babat. Based on the results, the level of motivation of students at Muhammadiyah 1 High School in Babat in participating in futsal extracurricular activities is categorized as moderate, with a percentage of 35%.
Keywords: Extracurricular, Motivation, and Participation