Pengembangan Konten Instagram Stechoq Academy sebagai Media Promosi
Stechoq Academy Instagram Content Development as Promotional Media
Stechoq Academy menggunakan media sosial Instagram sebagai media promosi pembelajaran course dan bootcamp, edukasi seputar perkuliahan dan dunia kerja, serta penyampaian informasi berkaitan dengan program MSIB dengan tujuan menarik daya minat mahasiswa untuk bergabung mengikuti program MSIB di Stechoq Academy. Namun Stechoq Academy mengalami kendala pada tampilan visual desain konten Instagram yang kurang konsisten dan penggunaan warna yang monoton. Oleh karena itu, pengembangan desain konten Instagram Stechoq Academy menjadi langkah penting dalam meningkatkan ketertarikan audiens media promosi Stechoq Academy. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Proses perancangan konten ini dianalisis dengan teknik analisi SWOT dan dirancang menggunakan metode design thinking. Desain dibuat dengan konsep gaya desain flat design, menggunakan kombinasi warna solid seperti biru, kuning, dan putih, dan menggunakan pemilihan tipografi jenis sans serif seperti font “Montserrat” dengan karakteristik yang bersih dan jelas. Pengembangan ini menghasilkan konten Instagram berupa feed, sampul reels, story Instagram, dan sampul highlight story Instagram. Berdasarkan hasil uji coba terbatas kepada audiens, konten yang telah dikembangkan tersebut memiliki kesesuaian visual dan kejelasan informasi yang lebih baik serta aspek interaktivitas yang dapat mendorong audiens untuk memberi feedback pada konten yang disajikan.
Stechoq Academy uses Instagram social media as a medium for promoting course and bootcamp learning, education about lectures and the world of work, as well as conveying information related to the MSIB program with the aim of attracting students' interest in joining the MSIB program at Stechoq Academy. However, Stechoq Academy experienced problems with the inconsistent visual appearance of Instagram content design and the use of monotonous colors. Therefore, developing Stechoq Academy's Instagram content design is an important step in increasing the interest of Stechoq Academy's promotional media audience. This research uses qualitative methods by collecting primary and secondary data through observation, interviews and literature study. The content design process was analyzed using the SWOT analysis technique and designed using the design thinking method. The design was created with a flat design style concept, using a combination of solid colors such as blue, yellow and white, and using a selection of sans serif typography such as the "Montserrat" font with clean and clear characteristics. This development produces Instagram content in the form of feeds, reels covers, Instagram stories, and Instagram story highlight covers. Based on the results of limited trials with audiences, the content that has been developed has better visual suitability and clarity of information as well as interactivity aspects that can encourage audiences to provide feedback on the content presented.