Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan software Anti Misconception of Chemical Bonding (MCB) dengan strategi conceptual change text yang dikembangkan sebagai media pembelajaran untuk mereduksi miskonsepsi pada materi ikatan kimia kelas X. Kelayakan software ditinjau dari tiga aspek, yakni (1) validitas yang ditentukan dari hasil validitas isi dan konstruk software Anti MCB, (2) kepraktisan, serta (3) keefektifan. Penelitian pengembangan software ini menggunakan model Research and Development (R & D) yang terdiri dari dua tahap, yaitu tahap Preliminary research dengan hasil meliputi rancangan software dan conceptual change text, dan tahap Development or prototyping phase dengan hasil meliputi validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Subyek dalam penelitian ini adalah 12 siswa yang terdeteksi miskonsepsi di kelas X MIA 2 MA Negeri 5 Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa software Anti MCB dengan strategi conceptual change text layak digunakan untuk mereduksi miskonsepsi pada materi ikatan kimia. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil yang diperoleh dari tiga aspek kelayakan yaitu (1) persentase hasil validasi isi antara 86,67%-93,33% dengan kategori sangat valid, dan persentase hasil validasi konstruk antara 88,00%-89,33% dengan kategori sangat valid, (2) persentase hasil respon siswa antara 83,33%-95,83% dengan kategori sangat praktis, dan didukung dengan persentase hasil observasi aktivitas siswa antara 66,67%-85,26% dengan kategori praktis, dan (3) persentase pergeseran konsepsi siswa dari miskonsepsi menjadi tahu konsep pada ketiga konsep memperoleh persentase keseluruhan sebesar 85,26% dengan kategori sangat efektif.
Kata kunci: Software, miskonsepsi, conceptual change text, ikatan kimia
This study aims to knowing the feasibility of Anti Misconception of Chemical Bonding (MCB) software with conceptual change text strategy as learning media tonreduce misconception in chemical bonding. The software feasibility based of three aspects, i.e: (1) Validity based on content validity and construct validity, (2) practicality, (3) effectiveness. This research uses Research and Development (R&D) method which consist of two phases, that is. preliminary research phase which get the result of software and conceptual change text design, and development or prototyping phase which get the result of validity, practicality, and effectiveness. The subject of this research are 12 students of class X MIA 2 in MAN 5 Kediri who detected misconception. The result shows that Anti MCB software was used to reduce misconception with conceptual change text strategy in chemical bonding based of three aspects, i.e: (1) the percentage range of content validity is 86,67%-93,33% with very valid criteria and construct validity is 88,00%-89,33% with very valid criteria, (2) the percentage range of student response is 83,33%-95,83% with very practice criteria and supported by student observation activities is 66,67%-85,26% with practice criteria, (3) the average percentage of shifting understanding of student conceptions from misconceptions to knowing concepts is 85,26% with very effective criteria.
Keywords:Software, misconception, conceptual change text, chemical bonding