Berdasarkan permasalahan yang terjadi di SMK
Negeri 1 Sooko Mojokerto yang merupakan hasil observasi oleh peneliti ialah
kegiatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru serta penyampaian materi lebih banyak menampilkan aspek teks . Dengan munculnya
kendala tersebut, maka dilakukan pengembangan media E-Modul berbasis aplikasi android. Sesuai dengan karakteristiknya,
Media E-Modul berbasis aplikasi android
ini bersifat interaktif dan mandiri. Tujuan dari penelitian pengembangan ini
adalah memperoleh deskripsi tentang kelayakan dan keefektifan media E-Modul
berbasis aplikasi android materi komposisi gambar dalam fotografi yang
dikembangkan pada mata pelajaran desain grafis percetakan kelas XI Multimedia
SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE
(Analyze, Design, Develop, Implement, and
Evaluate ). Subjek uji coba media E-Modul
berbasis aplikasi android adalah ahli desain pembelajaran, ahli materi, ahli
media, ahli bahan penyerta, dan peserta didik
kelas XI Multimedia di Smkn 1 Sooko Mojokerto yang terdiri dari 2 peserta didik
uji coba perorangan, 9 peserta didik uji coba kelompok kecil, dan 32 peserta
didik uji coba kelompok besar.
Jenis data dalam penelitian pengembangan ini
berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik wawancara dan angket digunakan
untuk memperoleh data kualitatif tentang kelayakan media E-Modul
berbasis aplikasi android, sedangkan teknik tes digunakan untuk memperoleh data
kuantitatif tentang hasil belajar siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Sooko
Mojokerto. Hasil analisis data kualitatif menunjukkan bahwa uji kelayakan
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) diperoleh presentase 94,44%, uji
kelayakan materi komposisi gambar dalam fotografi diperoleh presentase 100%,
uji kelayakan media E-Modul berbasis
aplikasi android diperoleh presentase 95,65%, serta uji kelayakan bahan
penyerta media diperoleh presentase 100%. Dengan hasil yang diperoleh tersebut,
dapat disimpulkan bahwa media E-Modul
berbasis aplikasi android dikategorikan sangat baik sehingga layak digunakan
dalam pembelajaran. Sedangkan hasil analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa
keefektifan media E-Modul berbasis
aplikasi android dengan uji t diperoleh hasil thitung sebesar 21,667
yang kemudian dicocokkan pada ttabel dengan taraf signifikansi 5%
dan db= 32-1, sehingga diperoleh 21,667 > 1,697. Dengan hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa media E-Modul berbasis aplikasi android materi
komposisi gambar dalam fotografi dikatakan efektif untuk digunakan dalam
pembelajaran .
Kata
kunci: Pengembangan, media
E-Modul Berbasis Aplikasi Android, Hasil
Belajar