LITERASI DIGITAL DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK DISTANCE LEARNING DI HOMESCHOOLING
DIGITAL LITERATION IN IMPROVING COMPETENCY OF DISTANCE LEARNING STUDENTS IN HOMESCHOOLING
Literasi digital sangat perlu dilaksanakan pada era digital saat ini, termasuk dilakukan dalam dunia pendidikan dalam rangka meningkatkan pencapaian kompetensi peserta didik. Dalam kajian PLS literasi digital sangat perlu dilakukan ke Lembaga Homeschooling yang menggunakan model pembelajaran distance learning. Distance Learning atau pembelajaran jarak jauh merupakan pembelajaran yang hampir keseluruhan memanfaatkan media digital seperti internet dalam menunjang berjalannya proses belajar mengajar, agar terjadi peningkatan kompetensi pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan literasi digital dalam peningkatan kompetensi peserta didik distance learning yang ada di Homeschooling. Jenis/pendekatan penelitian ini menggunakan studi kepustakaan yaitu suatu studi yang digunakan dalam mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan seperti dokumen, buku, majalah, kisah-kisah sejarah, dsb. Peneliti mengumpulkan berbagai literatur ilmiah terkait dengan kajian penelitian ini dari berbagai sumber dan mengkaji serta merangkumnya untuk kemudian ditulis dalam penelitian ini sebagai sebuah karya ilmiah baru. Temuan dari penelitian literasi digital dalam peningkatan kompetensi peserta didik berupa meningkatnya pengetahuan peserta didik setelah mengakses internet dilihat dari peningkatan nilai peserta didik melalui ujian yang diberikan, peningkatan keterampilan dan juga pendidikan dilihat bertambahnya kemampuan dan berkembangnya bakat yang dimiliki peserta didik, hingga perubahan sikap yang awalnya meniru segala hal yang ditemui internet mulai bisa menyeleksi konten setelah melakukan literasi digital.
Kata Kunci: Literasi Digital, Peningkatan Kompetensi, Distance Learning, Homeschooling
Digital literacy is necessary to be implemented in today's digital age, including in the world of education in order to improve the competency achievement of learners. In the study of PLS digital literacy is very necessary to be done to the Homeschooling Institute using the Learning Distance learning model. Distance Learning is a learning that almost entirely utilizes digital media such as the Internet in support of the learning process, in order to increase competency in learners. The purpose of this research is to analyse and describe digital literacy in improving the competence of the learner distance learning in Homeschooling. This type/approach of research using literature study is a study used to collect information and data with the help of various materials in libraries such as documents, books, magazines, historical stories, etc. Researchers gathered various scientific literature related to the study of this study from various sources and studied and summarized it to be later written in the study as a new scientific work. Findings from digital literacy research in increasing the competence of learners in the increased knowledge of students after accessing the internet seen from the increase in the value and education of students through a given exam, improved skills seen increased ability and the growing talent, to the change of attitudes that occurred after conducting digital, which initially imitated everything on the Internet began to select the content.
Keywords: Digital literacy, competency enhancement, Distance Learning, Homeschooling