PROTOTIPE PENGUKURAN TINGKAT KEBISINGAN DAN KELEMBAPAN PADA JALAN RAYA SURABAYA BERBASIS ARDUINO UNO
PROTOTYPE OF NOISE AND HUMIDITY LEVEL MEASUREMENT ON SURABAYA HIGHWAY BASED ON ARDUINO UNO
Pendidikan merupakan penentu masa depan sebuah negara, artinya dalam menempuh pendidikan diperlukan usaha untuk mewujudkan proses pembelajaran dengan rasa nyaman dan kondusif. Namun apabila sebuah lembaga sekolah berada pada lingkungan yang padat kendaraan, sehingga menimbulkan kebisingan selama proses pembelajaran berlangsung, maka sedikit banyak akan mempengaruhi konsentrasi belajar siswa. Salah satu lokasi yang terdampak kebisingan yakni pada sekolah Komplek Barunawati Surabaya di Jalan Raya Perak Barat Surabaya. Untuk itu pada penelitian dilakukan upaya merancang alat ukur tingkat kebisingan yang dilengkapi dengan alat ukur tingkat kelembapan menggunakan sensor suara GY-MAX 4466 dan sensor suhu DHT11 berbasis Arduino UNO yang bersifat portable. Tujuannya adalah agar mudah dibawa kemana-mana, dilakukan dimana saja termasuk di Jalan Raya Perak Barat Surabaya yang menjadi lokasi uji pengukuran. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang serta menguji cobakan alat prototipe tingkat kebisingan dan kelembapan tersebut diatas. Pengukuran data kebisingan dan kelembapan dilakukan pada pukul 06.00, 12.00, dan 16.00 WIB selama satu minggu, dengan jarak sekitar ± 3 meter antara bahu jalan raya dengan alat prototipe. Hasil kalibrasi alat prototipe diperoleh persentase ketelitian sebesar 99,57 % dan 98,96 % yang berarti bahwa alat telah terkalibrasi dengan baik. Hasil Pengukuran di lokasi telah menunjukkan bahwa pada 3 waktu dalam satu minggu didapatkan hasil rata-rata yang berbeda, pengukuran pagi hari pukul 06.00 WIB didapatkan rata-rata hasil tingkat kebisingan sebesar 75,78 dB dan rata-rata hasil tingkat kelembapan sebesar 74,0 %. Kemudian pengukuran siang hari pukul 12.00 WIB didapatkan rata-rata hasil tingkat kebisingan sebesar 76,57 dB dan rata-rata hasil tingkat kelembapan sebesar 45,3 %. Sedangkan pengukuran sore hari pukul 16.00 WIB didapatkan rata-rata hasil tingkat kebisingan sebesar 76,88 dB dan rata-rata hasil tingkat kelembapan sebesar 51.5 %.Dengan demikian pada pukul sore hari merupakan hasil rata tingkat kebisingan tertinggi dalam waktu satu minggu. Hal ini disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan yang melintas, namun hasil penelitian di siang hari tidak berbeda jauh dengan sore hari, hal ini juga yang mengakibatkan proses kegiatan belajar mengajar menjadi sedikit terganggu di waktu tersebut. Mengacu pada Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. KEP.48/MENLH/II/1996 bahwa intensitas rata-rata kebisingan di lokasi sekolah Komplek Barunawati Surabaya (73,36 dB – 79,03 dB) telah melewati ambang batas (55 dB). Sedangkan hasil rata-rata tingkat kelembapan paling tinggi dalam satu minggu diwaktu pagi hari dan paling rendah yakni siang hari dimana kondisi kelembapan yang kering inilah yang mengakibatkan rasa gerah, sehingga siswa merasa tidak nyaman pada saat kegiatan belajar di waktu siang hari.
Kata Kunci : Kebisingan, Kelembapan, Tingkat pengukur suara
Education is a determinant of the future of a country, meaning that in pursuing education, efforts are needed to realize a comfortable and conducive learning process. However, if a school institution is located in an environment that is congested with vehicles, causing noise during the learning process, it will more or less affect students' learning concentration. One of the locations affected by noise is the Barunawati Surabaya Complex school on Jalan Raya Perak Barat Surabaya. For this reason, the research made an effort to design a noise level measuring instrument equipped with a humidity level measuring instrument using a GY-MAX 4466 sound sensor and an Arduino UNO-based DHT11 temperature sensor that is portable. The goal is to be easy to carry everywhere, done anywhere including on Jalan Raya Perak Barat Surabaya which is the location of the measurement test. The purpose of this research is to design and test the noise and humidity level prototype tool mentioned above. Measurement of noise and humidity data was carried out at 06.00, 12.00, and 16.00 WIB for one week, with a distance of about ± 3 meters between the highway shoulder and the prototype tool. The results of the prototype tool calibration obtained the percentage of accuracy of 99.57% and 98.96% which means that the tool has been calibrated properly. Measurement results at the location have shown that at 3 times in one week different average results are obtained, morning measurements at 06.00 WIB obtained an average noise level result of 75.78 dB and an average humidity level result of 74.0%. Then the afternoon measurement at 12.00 WIB obtained an average noise level result of 76.57 dB and an average humidity level result of 45.3%. While the afternoon measurement at 16.00 WIB obtained an average noise level result of 76.88 dB and an average humidity level result of 51.5%.Thus in the afternoon is the average result of the highest noise level within one week. This is caused by the large number of vehicles passing by, but the results of research during the day are not much different from the afternoon, this also results in the process of teaching and learning activities being slightly disrupted at that time. Referring to the Decree of the Minister of Environment No. KEP.48/MENLH/II/1996 that the average intensity of noise at the Barunawati Surabaya Complex school site (73.36 dB - 79.03 dB) has exceeded the threshold (55 dB). While the average results of the highest humidity level in one week in the morning and the lowest in the afternoon where dry humidity conditions are what causes the feeling of sultry, so students feel uncomfortable during learning activities during the day.
Keywords : Noise, Humidity, Sound Meter Level