Dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran online mempengaruhi hasil belajar melalui minat belajar pada mata pelajaran marketing kelas X KD. 3.9 tentang menganalisis daur hidup produk di SMK Ketintang Surabaya. Sampelnya adalah siswa SMK Ketintang Surabaya program keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran kelas sepuluh yang berjumlah 68 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Pengambilan data menggunakan angket tertutup berskala Likert. Data dianalisis dengan teknik analisis jalur. Dari hasil penelitian menjelaskan bahwa pembelajaran online memiliki pengaruh signifikan pada minat belajar sebesar 21,6%, minat belajar memiliki pengaruh signifikan pada hasil belajar sebesar 39%, pembelajaran online memiliki pengaruh secara langsung pada hasil belajar sebesar 39%, dan pembelajaran online pada hasil belajar melalui minat belajar tidak memiliki pengaruh signifikan karena pengaruh langsung nilainya lebih besar dari nilai pengaruh tidak langsung yakni 45,6% > 10,5%. Harapan dilakukannya penelitian ini agar memberikan manfaat untuk seorang guru dapat mengetahui apa saja yang bisa mempengaruhi hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Pembelajaran online, hasil belajar, minat belajar, marketing, daur hidup produk
The research was conducted to determine whether online learning affects learning outcomes through learning interest in marketing subjects for class X KD. 3.9 about analyzing the product life cycle at SMK Ketintang Surabaya. The sample is the tenth grade students of SMK Ketintang Surabaya, the online business and marketing expertise program, totaling 68 students. This research is a type of quantitative research. Collecting data using a closed Likert scale questionnaire. Data were analyzed by path analysis technique. The results of the study explain that online learning has a significant influence on learning interest by 21,6%, learning interest has a significant influence on learning outcomes by 39%, online learning has a direct influence on learning outcomes by 39%, and online learning on learning outcomes through interest in learning does not have a significant effect because the direct influence value is greater than the indirect influence value, namely 45,6% > 10,5%. It is hoped that this research will provide benefits for a teacher to know what can affect student learning outcomes.
Keywords:. Online learning, learning outcomes, interest in learning, marketing, product life cycle.