PROFIL PEMAHAMAN KONSEP FUNGSI SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT
PROFILE OF UNDERSTANDING THE CONCEPT OF FUNCTION JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN TERM OF FIELD INDEPENDENT - FIELD DEPENDENT COGNITIVE STYLE
Pemahaman merupakan proses kognitif seseorang dalam menghubungkan pengetahuan yang baru diperoleh dengan pengetahuan sebelumnya. Mayer (2002: 228) menyatakan seseorang dikatakan memahami, ketika mereka dapat membangun hubungan antara pengetahuan yang baru dengan pengetahuan mereka sebelumnya. Salah satu hal yang harus diperhatikan siswa adalah memahami apa yang sedang dan sudah dipelajari. Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu tujuan yang mendasar dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Siswa yang memiliki pemahaman konsep yang baik dalam proses belajar mengajar dikelas memungkinkan siswa untuk memiliki prestasi belajar yang baik. Banyak faktor yang menjadi penyebab kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika khususnya dalam materi fungsi. Salah satu pengaruh dalam memahami suatu konsep adalah perbedaan perkembangan kognitif siswa. Dalam prosesnya, Mayer mengemukakan bahwa Proses kognitif dalam beberapa kategori. Dalam memahami informasi juga dipengaruhi oleh gaya kognitif. Menurut Uno (2006) gaya kognitif adalah cara seseorang melakukan proses pembelajaran berupa menerima dan pemrosesan informasi, menyikapi informasi hingga kebiasaan dalam lingkungan belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif karena penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa SMP tentang konsep fungsi ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Pemilihan subjek penelitian diawali dengan memberikan tes GEFT (Group Embedded Figures Test) untuk membedakan subjek dengan gaya kognitif FI dan FD. Subjek penelitian yang dipilih adalah 2 siswa yang memiliki gaya kognitif berbeda, kemampuan matematika setara, jenis kelamin sama yaitu perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes pemahaman konsep fungsi serta wawancara berbasis tugas kepada masing-masing subjek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep fungsi siswa ditinjau dari gaya kognitif. siswa dengan gaya kognitif field independent (1) merepresentasikan suatu fungsi kedalam bentuk yang beragam; menyajikan contoh fungsi kedalam bentuk diagram panah dan himpunan pasangan terurut; (3) mengklasifikasikan beberapa relasi ke dalam contoh fungsi atau bukan serta menjelaskan dengan alasan yang logis; (4) menyebutkan ciri-ciri suatu relasi disebut fungsi dengan logis; (5) menyimpulkan fungsi dengan alasan logis; (6) menyebutkan persamaan dan perbedaan fungsi dan bukan fungsi; (7) tidak dapat menjelaskan secara logis sebab-akibat suatu relasi dikatakan fungsi.
Pada siswa dengan gaya kognitif field dependent (1) merepresentasikan suatu fungsi kedalam satu bentuk; menyajikan contoh fungsi dengan himpunan pasangan terurut; (3) mengklasifikasikan beberapa relasi ke dalam contoh fungsi atau bukan serta menjelaskan dengan alasan yang logis; (4) menyebutkan ciri-ciri suatu relasi disebut fungsi dengan logis; (5) menyimpulkan fungsi dengan alasan logis; (6) kurang mampu menyebutkan persamaan dan perbedaan fungsi dan bukan fungsi; (7) menjelaskan secara logis sebab-akibat suatu relasi dikatakan fungsi.
ABSTRACT
Understanding is a person's cognitive process in connecting newly acquired knowledge with previous knowledge. Mayer (2002: 228) states that someone is said to understand, when they can build a relationship between new knowledge and their previous knowledge. One of the things that students must pay attention to is to understand what is being and has been studied. Understanding mathematical concepts is one of the fundamental goals in the process of learning mathematics in the classroom. Students who have a good understanding of concepts in the teaching and learning process in the classroom enable students to have good learning achievements. Many factors cause students' difficulties in learning mathematics, especially in function material. One of the influences in understanding a concept is the difference in students' cognitive development. In the process, Mayer suggested that cognitive processes in several categories. In understanding information is also influenced by cognitive style. According to Uno (2006) cognitive style is the way a person carries out the learning process in the form of receiving and processing information, responding to information to habits in the learning environment.
This research is a descriptive study with a qualitative approach because this study aims to describe the understanding of junior high school students about the concept of function in terms of Field Independent and Field Dependent Cognitive Styles . The selection of research subjects begins with giving a GEFT test ( Group Embedded Figures Test ) to distinguish subjects with FI and FD cognitive styles. The research subjects selected were 2 students who had different cognitive styles, equal mathematical abilities, the same gender, namely women. Data collection techniques were carried out by giving a function concept understanding test and task-based interviews to each subject.
The results showed that there were differences in students' understanding of the concept of function in terms of cognitive style. students with field independent cognitive style (1) represent a function in various forms; presents an example of a function in the form of an arrow diagram and a set of ordered pairs; (3) classify some relations into examples of functions or not and explain with logical reasons; (4) mentioning the characteristics of a relation called a function logically; (5) conclude the function with logical reasons; (6) mention the similarities and differences between functions and non-functions; (7) cannot explain logically cause and effect a relation is said to be a function.
Students with field dependent cognitive style (1) represent a function in one form; presents an example of a function with a set of ordered pairs; (3) classify some relations into examples of functions or not and explain with logical reasons; (4) mentioning the characteristics of a relation called a function logically; (5) conclude the function with logical reasons; (6) less able to mention the similarities and differences between functions and non-functions; (7) explain logically the cause and effect of a relation that is said to be a function