STUDI TENTANG PERILAKU BULLYING VERBAL DAN PENANGANANNYA PADA SISWA KELAS X DI SMA I AL-ALY KALITIDU BOJONEGORO
STUDY OF VERBAL BULLYING BEHAVIOR AND HOW TO HANDLE IN GRADE X AT CHOOL AL-ALY KALITIDU BOJONEGORO
Penelitian ini bertujuan untuk mendalami perilaku bullying verbal yang terjadi dikalangan siswa kelas X di SMA I Al-Aly Kalitidu Bojonegoro serta penanganan yang dilakukan oleh guru BK sekolah. Bullying verbal adalah suatu tindakan agresif dalam bentuk ucapan yang dilakukan secara sengaja dan berulang dengan tujuan menguasai, menunjukan kekuatan, menyakiti, meneror, atau hanya untuk kesenangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berbentuk studi kasus. Subjek penelitian adalah 5 orang, 3 orang pelaku bullying verbal, 1 korban bullying verbal, dan pihak yang menangani kasus bullying verbal yang terjadi yaitu guru BK sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bentuk bullying verbal yang terjadi di SMA I Al-Aly berkata kasar, membentak, memanggil dengan nama orang tua, mengancam, dan mengejek. Tindakan bullying verbal tersebut terjadi pada saat jam pelajaran kosong, jam istrahat, jam olahraga, dan jam pulang sekolah. Alasan pelaku bullying verbal antara lain manjadi kebiasaan di tempat asal yang menganggapnya sebagai hal yang biasa, menganggap dirinya paling kuat, keinginan untuk dihormati, dan tidak adanya perlawanan dari korban. Dapak dari perilaku bullying verbal terhadap korban adalah menurunya kepercayaan diri, menjadi pemurung, tingkat sosialisasi menurun, menurunya nilai akademik. Peran guru BK sekolah untuk mengatasi bullying verbal adalah melalui tindakan pencegahan melalui bimbingan klasikal, bimbingan individu, kelompok, dan kolaborasi dengan pihak yang bersangkutan seperti wali kelas, kepala sekolah, dan orang tua/wali, selain itu usaha ini untuk mengentaskan perilaku bullying verbal dan membantu korban bullying verbal untuk kembali seperti semula sebelum terkena dampak bullying verbal.
Kata Kunci: Bullying verbal, pelaku bullying, korban bullying.
This study aims to explore the verbal bullying behavior that occurs among class X students at Al-Aly Kalitidu Bojonegoro High School and the handling done by school counselor teacher. Verbal bullying is an aggressive act in the form of words that are done intentionally and repeatedly with the aim of mastering, showing strength, hurting, terrorizing, or just for pleasure. This research is a qualitative research in the form of case studies. The research subjects were 5 people, 3 people who were verbal bullying, 1 victim of verbal bullying, and the party handling the verbal bullying case that happened was the school counselor teacher. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The results showed that verbal bullying in SMA I Al-Aly said harshly, snapped, called by the name of a parent, threatened, and ridiculed. The verbal bullying action occurs during empty class or teacher may doesn’t come to the class, rest hours, sports hours, and after class over. The reasons for the perpetrators of verbal bullying include becoming a habit in the place of origin that regards it as normal, considers itself the strongest, the desire to be respected, and the lack of resistance from the victim. The foundation of verbal bullying behavior towards victims is the decline in self-confidence, being moody, the level of socialization decreases, the decline in academic value. The role of school counselor teachers in overcoming verbal bullying is through preventive measures through classical guidance, individual guidance, group guidance, and collaboration with relevant parties such as homeroom teachers, school principals, and parents / guardians, besides this effort to alleviate verbal bullying behavior and help victims of verbal bullying to return to normal before being affected by verbal bullying