STUDI KONSELING PERILAKU UNTUK MENINGKATKAN ASERTIF KORBAN BULLYING DI SMP
STUDY OF BEHAVIORAL COUNSELING TO INCREASE ASSERTIVENESS OF VICTIMS OF BULLYING IN JUNIOR HIGH SCHOOL
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian konseling perilaku untuk meningkatkan asertif korban bullying di SMP. Oleh karena itu perilaku asertif diharapkan dapat memebawa hasil yang baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di SMP.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis studi literature review, dengan mengkaji artikel yang relevan terkait topic. Adapun jurnal yang dikaji menggunakan kata kunci “Studi konseling perilaku untuk meningkatkan asertif korban bullying di SMP”.
Hasil dari penelitian studi pustaka menunjukkan ditemukan kesamaan dari hasil penelitian yaitu banyak siswa yang mengalami bullying di lingkungan sekolah dengan meningkatkan perilaku asertif pada siswa dapat menamabah rasa percaya diri pada siswa sehingga dapat mengurangi korban bullying.
Kata Kunci: Konseling Perilaku, Asertif, Bullying.
This study aims to determine the provision of behavioral counseling to increase the assertiveness of victims of bullying in junior high school. Therefore, assertive behavior is expected to bring good results to improve the quality of education in junior high schools.
This study used qualitative research methods. This type of literature review study, by reviewing relevant articles related to the topic. The journals studied used the keyword "Study of behavioral counseling to increase the assertiveness of bullying victims in junior high school".
The results of the literature study show that there are similarities from the results of the study, namely that many students who experience bullying in the school environment by increasing assertive behavior in students can increase students' self-confidence so that they can reduce victims of bullying..
Keywords: Behavioral Counseling, Assertiveness, Bullying.