EKSPLORASI STRATEGI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA
EKSPLORATION OF MATHEMATICS PROBLEM SOLVING STRATEGIES OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS BASED ON MATHEMATICAL ABILITY
Strategi pemecahan masalah memiliki peranan penting dalam proses pemecahan masalah matematika. Strategi pemecahan masalah matematika adalah cara yang digunakan pada proses pemecahan masalah untuk mencari penyelesaian dari masalah matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pemecahan masalah matematika siswa SMP ditinjau dari kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga siswa SMP kelas IX semester genap. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan matematika, tes pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawancara. Penelitian ini dimulai dengan memberikan tes kemampuan matematika untuk mengkategorikan siswa ke dalam kelompok kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Kemudian setiap siswa diberikan tes pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil tes tersebut, dipilih satu siswa dari setiap kelompok kemampuan matematika untuk dijadikan subjek penelitian dan diwawancarai. Pertimbangan pengambilan subjek didasarkan pada strategi siswa ketika menyelesaikan tes pemecahan masalah matematika yaitu siswa menggunakan strategi terbanyak dari semua siswa setiap kelompok kemampuan matematika. Selain itu, pertimbangan lain adalah siswa tersebut dapat menyelesaikan soal tes pemecahan masalah dengan tepat dan mempunyai kemampuan komunikasi baik. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah matematika menggunakan strategi membuat gambar, berpikir logis, menebak dan menguji, serta menemukan pola. 2) Siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah matematika menggunakan strategi membuat gambar dan berpikir logis. 3) Siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah matematika menggunakan strategi membuat gambar. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa kemampuan matematika juga mempengaruhi pemilihan dan penggunaan strategi untuk memecahkan masalah matematika.
Problem solving strategies have an important role in the process of mathematical problem solving. Mathematical problem solving strategies is a method used in the process of solving mathematical problem to find solution to mathematical problems. The purpose of this study is to describe the mathematical problem solving strategies of junior high school students in terms of high, medium, and low mathematical abilities. This research is a qualitative descriptive study. Subjects in this study consisted of three student of class IX junior high school even semester. The instrument in this study was a mathematics ability test, mathematics problem solving test, and interview guidelines. This research was started by giving a mathematical ability test to categorize students into high, medium, and low mathematical ability groups. Then, each student is given a problem solving test. From the result of the test, each student was chosen from the category of mathematical ability group to be the subject of research and interviewed. Consideration of taking the subject is based on student strategies when completing a mathematical problem solving test that is student who use the most strategies out of all students in each category of mathematical ability. Beside that, another consideration is that the student can solving questions correctly and have good communication skills. The result in this study indicate that, 1) student with high mathematical ability in solving mathematical problems using strategies making a drawing, logical reasoning, guess and test, and finding a pattern. 2) Student with medium mathematical ability in solving mathematical problems using strategies making a drawing and logical reasoning. 3) Student with low mathematical ability in solving mathematical problems using strategies making a drawing. This research provides an understanding of mathematical abilities as well as improving the selection and use of strategies to solve mathematical problems.