PROFIL KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA
Abstrak Komunikasi matematika ialah sesuatu wujud keahlian yang begitu berarti dalam matematika. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mempelajari profil komunikasi matematika siswa dalam menuntaskan soal PISA ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain uji kemampuan matematika, tugas komunikasi matematika tulis siswa dalam menuntaskan soal PISA, serta pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini ialah 3 siswa kelas IX dengan kriteria, satu siswa dengan keahlian matematika tinggi, satu siswa dengan keahlian matematika sedang, serta satu siswa dengan keahlian matematika rendah. Hasil dari penelitian ialah siswa dengan keahlian matematika tinggi dan sedang a) menuliskan perihal yang dikenal serta ditanyakan b) menuliskan statment dalam soal ke dalam model matematika c) menuliskan ide untuk menuntaskan soal d) menuliskan langkah-langkah penyelesaian serta pemecahan dengan akurat, lengkap serta mudah/lancar. Sebaliknya siswa dengan keahlian matematika rendah dalam a) menuliskan/ melaporkan apa saja yang dikenal serta ditanyakan secara akurat, lengkap, serta mudah/lancar. viiBerikutnya tidak akurat, tidak lengkap serta tidak lancar dalam b) menuliskan statment dari soal ke dalam model matematika c) menuliskan ide untuk menuntaskan soal d) menuliskan langkahlangkah penyelesaian serta pemecahan. Penelitian ini mencerminkan bahwa keahlian/kemampuan matematika pengaruhi siswa untuk memproses data, salah satunya pada saat mengomunikasikan ide atau gagasan dalam menuntaskan soal PISA Kata Kunci: Komunikasi Matematika, Soal PISA, Kemampuan Matematika
Mathematical communication is a very important form of mathematics specialization. The purpose of this research is to examine the general situation of students' mathematical communication in solving PISA problems related to mathematical skills. This study is a descriptive study using qualitative methods. The tools used in this research include math ability tests, written math communication assignments for students to solve PISA problems, and interview rules. The study included 3 ninth graders of each type, one student with high math skills. Research results for students with medium mathematical ability and students with low mathematical ability: Students with high mathematical ability a) write familiar things and ask them b) write statements in the task in the form of mathematical models c) write the problemsolving Ideas and problems d) Write down the steps of the solution, and solve them accurately, completely, and easily/without problems. h Poor mathematical skills a) Accurate, complete, easy/fluently write/communicate everything known and known and then it becomes inaccurate, incomplete and not easy b) Write the problem in the mathematical model c) Write the solution The idea of the problem d) Write down the level of completion and solution. This research shows that mathematical ixskills and abilities affect students' numeracy, including sharing ideas or ideas when solving PISA problems. Keywords: Mathematical Communication, PISA Questions, Mathematics Ability.