PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PENGOPERASIAN PLC OMRON CP1E UNTUK MENUNJANG MATA KULIAH INSTRUMENTASI DAN KENDALI
DEVELOPMENT OF OMRON CP1E PLC OPERATION TUTORIAL VIDEO MEDIA TO SUPPORT INSTRUMENTATION AND CONTROL LECTURE
Indonesia menjadi salah satu negara dengan penyebaran virus COVID-19 yang tinggi. Hal tersebut berdampak pada proses belajar mengajar disegala jenjang pendidikan. Pasalnya, saat ini seluruh pembelajaran diberlakukan secara daring untuk mengurangi penyebaran virus tersebut. Dengan adanya teknologi yang mumpuni, guru atau pendidik diharapkan memberikan inovasi untuk pembelajaran daring. Video tutorial merupakan media pembelajaran yang berkemajuan dalam pendidikan serta mempermudah belajar bagi mahasiswa, dan juga dosen dalam proses mengajar jarak jauh. Mata kuliah Instrumentasi dan Kendali ialah salah satu mata kuliah yang didalamnya membutuhkan praktik secara langsung, sehingga membuat dosen dan mahasiswa kesulitan dalam belajar mengajar. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kelayakan video tutorial serta mendeskripsikan respon dosen dan mahasiswa terhadap penerapan media pembelajaran berbasis video tutorial software CX-Progammer.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dimana hasil penelitian berdasarkan validasi kelayakan media pembelajaran berbasis video tutorial, pre-test dan post-test, serta respon mahasiswa dan dosen pengampu. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Mesin yang memprogram mata kuliah Instrumentasi dan Kendali pada semester gasal 2021/2022. Instrumen yang digunakan guna mengukur kelayakan media adalah angket pada dosen ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan mahasiswa yang sudah menempuh kuliah Instrumentasi dan kendali. Angket respon dosen dan mahasiswa serta pre-test dan post-test.
Hasil kelayakan video tutorial dari ahli materi sebesar 3,67 termasuk dalam kategori sangat layak, dari ahli bahasa sebesar 3,7 termasuk dalam kategori sangat layak, dari ahli desain sebesar 3,72 termasuk dalam kategori sangat layak dan dari mahasiswa yang sudah menempuh kuliah Instrumentasi dan kendali sebesar 3,8. Jika dirata-rata mendapatkan nilai sebesar 3,72 termasuk kategori sangat layak. Respon mahasiswa dan dosen pengampu terhadap penggunaan video tutorial pengoperasian PLC Omron CP1E dilihat dari aspek tampilan, aspek penyajian materi dan manfaat. Dari hasil rata-rata respon mahasiswa terhadap penggunaan video tutorial pengoperasian PLC Omron CP1E didapatkan nilai sebesar 3,76 dan respon dosen pengampu sebesar 3,5 termasuk dalam kategori sangat baik. Ketuntasan belajar sebelum menggunakan video tutorial sebesar 0% dan setelah menggunakan video tutorial sebesar 80%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa video tutorial pengoperasian PLC Omron CP1E dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk menunjang mata kuliah Instrumentasi dan Kendali.
Kata Kunci: Video Tutorial, PLC, Software CX-Progammer
Indonesia is one of the countries with the highest spread of the COVID-19 virus. This has an impact on the teaching and learning process at all levels of education. The reason is, currently all learning is implemented online to reduce the spread of the virus. With the existence of qualified technology, teachers or educators are expected to provide innovations for online learning. Video tutorials are progressive learning media in education and facilitate learning for students, as well as lecturers in the distance teaching process. Instrumentation and Control is one of the courses in which it requires hands-on practice, thus making lecturers and students difficult in teaching and learning. The purpose of this study is to describe the feasibility of video tutorials and to describe the responses of lecturers and students to the application of learning media based on the CX-Progammer software video tutorial.
This research is a type of quantitative descriptive research, where the results of the study are based on validating the feasibility of video tutorial-based learning media, pre-test and post-test, as well as the responses of students and lecturers. This study uses the ADDIE development model which consists of 5 stages, namely: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects of this research are Mechanical Engineering students who program Instrumentation and Control lecture in the odd semester 2021/2022. The instrument used to measure the feasibility of the media is a questionnaire on material expert lecturers, media experts, linguists and students who have taken Instrumentation and control lecture. Questionnaire responses from lecturers and students as well as pre-test and post-test.
The results of the feasibility of video tutorials from material experts of 3,67 are included in the very appropriate category, from linguists 3,7 are included in the very feasible category, from design experts 3,72 are included in the very feasible category and from students who have taken Instrumentation and control lecture 3,8. If the average score is 3.72, it is included in the very feasible category. The responses of students and lecturers to the use of the Omron CP1E PLC operating video tutorial are seen from the aspect of appearance, aspects of material presentation and benefits. From the results of the average student response to the use of the Omron CP1E PLC operating video tutorial, it was obtained a value of 3,76 and the response of the lecturer at 3,5 was included in the very good category. Completeness of learning before using video tutorials is 0% and after using video tutorials is 80%. Therefore, it can be concluded that the Omron CP1E PLC operating tutorial video can be used as teaching material to support Instrumentation and Control lecture.
Keywords: Tutorial videos, PLC, Software CX-Progammer