ABSTRAK
Mas’adah. 201 9. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model
Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Articulate Storyline pada Materi
Elastisitas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar
Siswa . Tesis, Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing:
(I) Prof. Dr. Wasis, M.Si . dan (II) Tjipto Prastowo, Ph.D.
Kata -kata kunci: model inkuiri terbimbing, Articulate Storyline, motivasi belajar, hasil belajar siswa .
Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing bertugaskan
media Articulate Storyline pada
materi elastisitas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar sisw a. Penelitian ini menggunakan model
pengembangan 4D dan diujicobakan pada 60 siswa
kelas X-MM di SMK Al-Amin Surabaya dengan desain ujicoba
menggunakan one group pretest-posttest design . Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: (a) silabus
(b) RPP, (c) buku siswa , (d) LKS,
dan (e) tes pengetahuan . Parameter
penelitian yang diukur adalah validitas, kepraktisan dan efektivitas perangkat
pembelajaran. Data penelitian diperoleh
melalui metode validasi, observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif
kuantitatif dan kualitatif . Hasil
belajar siswa dianalisis dengan n-gain , sedangkan motivasi
belajar siswa dianalisis dengan skala Guttman . Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (a) perangkat pembelajaran yang dikembangkan
berkategori valid,
(b) kegiatan pembelajaran terlaksana dengan baik, (c) motivasi belajar siswa meningkat setelah dilaksanakan
proses pembelajaran (d) hasil belajar siswa
menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan . Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, disimpulkan bahwa perangkat
pembelajaran model inkuiri terbimbing bertugaskan
media Articulate Storyline yang dikembangkan telah valid,
praktis, dan efektif untuk meningkatkan motivasi
dan hasil belajar siswa.