ABSTRAK
STUDI KASUS
KOMPETNSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK
B DI TK AL-FUDLOLA PORONG
Nama :
Dyah Sangrila Nurzakinah
NIM :
15010684086
Jurusan :
PG-PAUD
Fakultas :
Ilmu Pendidikan
Nama
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing :
Sri Widayati., S.Pd. M.Pd
Salah
satu aspek perkembangan anak yang perlu di stimulasi adalah perkembangan
kognitif. Bentuk stimulasi perkembangan kognitif yang dapat diberikan pada anak
adalah melalui pembelajaran konsep bilangan. Pembelajaran konsep bilangan pada
anak usia dini dapat dimaksimalkan dengan pemberian fasilitas pendidikan yang
memadai melalui seorang guru. Seorang guru memerlukan kemampuan yang disebut
dengan kompetensi. Kompetensi yang diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar
adalah kompetensi pedagogik.
Penelitian
ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Subjek penelitian
yang diteliti yakni dua orang guru kelompok B. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data
yang digunakan adalah Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data,
tampilan data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik pengabsahan data
yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelompok B
di TK AF belum memiliki keseluruhan komponen yang ada dalam kompetensi
pedagogik guru. Pertama, pemahaman wawasan keilmuan dan pendidikan. Salah satu
guru kelompok B di TK AF belum memiliki landasan pendidikan S1 PG PAUD dan
kedua guru kelompok B di TK AF belum pernah mengikuti pelatihan terkait materi
konsep bilangan. Kedua, pemahaman terhadap peserta didik. Guru kelompok B di TK
AF tidak mendampingi anak saat mengerjakan tugas, sehingga tidak memahami
kebutuhan anak. Ketiga, rancangan pembelajaran. Guru kelompok B d TK AF
menyusun RPPH di akhir semester. Keempat, pelaksanaan pembelajaran yang
melibatkan siswa sebagai subjek. Penggunaan media
x