Pengaruh Viral Marketing dan Brand Awareness Terhadap Niat Beli Merek Kopi Kenangan di Kota Surabaya
The Influence of Viral Marketing and Brand Awareness on the Purchase Intention of the Kopi Kenangan Brand in the City of Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh viral marketing dan brand awareness terhadap niat beli konsumen dalam konteks penggunaan media sosial khususnya Instagram sebagai media marketer antara perusahaan dan konsumen dengan memberikan informasi tentang produk. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 200 sampel yang didistribusikan secara online menggunakan Google Form. Analisis data menggunakan metode regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil tersebut variabel viral marketing dan brand awareness berpengaruh positif terhadap niat beli Kopi Kenangan. Berdasarkan hasil tersebut, Kopi Kenangan direkomendasikan untuk memberikan konten yang menarik melalui media sosial Instagram dalam strategi promosi brand Kopi Kenangan.
This study aims to examine the effect of viral marketing and brand awareness on consumer purchase intentions in the context of the use of social media, especially Instagram as a media marketer between companies and consumers by providing information about the product. The sample used in this study amounted to 200 samples distributed online using Google Form. Data were analyzed using a simple linear regression method. based on these results the viral marketing and brand awareness variables have a positive effect on buying intentions Kopi Kenangan. Based on these results, it is recommended for Kopi Kenangan to provide interesting content through Instagram social media in the Kopi Kenangan brand promotion strategy.