STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA MUTU SEKOLAH
THE STRATEGY OF SCHOOL HEADS IN IMPROVING SCHOOL QUALITY CULTURE
Penulisan artikel bertujuan untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam meningkatkan budaya mutu sekolah. Artikel ini menggunakan metode studi leteratur (Literature review) yaitu dengan cara menghimpun data-data atau sumber-sumber yang berhubungan dengan topik yang diangkat, dalam telaah ini menggunakan 20 jurnal yang terbagi dari 10 jurnal internasional dan 10 jurnal nasional serta 10 buku yang digunaka sebagai penunjang dalam penulisan artikel ini. Dari beberapa jurnal tersebut dapat diketahui bahwasannya peningkatan budaya mutu sekolah sangat membutuhkan peran serta kepala sekolah. sehingga kepala sekolah harus mampu menjadi penggerak dalm rangka peningkatan budaya mutu sekolah dengan menggunakan manajemen strategi yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evalusi. Tetapi juga harus memperhatikan aspek yang menjadi tujuan dalam peningkatan budaya mutu sekolah yaitu aspke intrakulikuler dan aspke ekstrakulikuler; dan juga kepala sekolah perlu memperhatikan elemen dalam peningkatan budaya mutu sekolah diantaranya: (1)usaha perubahan, (2) kewenangan, (3) peguatan kinerja, (4) kerjasama, (5) rasa aman,(6) iklim interaksi, dan (7) rasa memiliki. Kemudian kepala sekolah dapat menggunakan manajemen strategi sebagai alternatif yang dapat diimplementasikan dalam meningkatkan budaya mutu sekolah yaitu dengan membuat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Kata Kunci : strategi kepala sekolah, budaya mutu
Writing articles aims to analyze the principal's strategy in improving the quality culture of the school. This article uses the literary study method, namely by collecting data or sources related to the topic raised, in this study using 20 journals divided from 10 international journals and 10 national journals and 10 books that are used as supporting articles in the article. this. From these journals, it can be seen that improving the quality culture of schools really requires the participation of school principals. so that the principal must be able to be a driving force in the context of improving the quality of school culture by using a management strategy consisting of planning, implementation and evaluation stages. Must also pay attention to the aspects that become goals in improving the quality culture of the school, namely the intracular and extracurricular aspects; and also principals need to pay attention to elements in improving school culture, including: (1) change efforts, (2) authority, (3) strengthening of performance, (4) cooperation, (5) feeling of security, (6) climate of interaction, and ( 7) belonging. Then the principal can use a management strategy as an alternative that can be implemented in improving the quality culture of the school by planning, implementing and evaluating.
Keywords: principal strategy, quality culture