Ekstrakurikuler Seni Tari Sebagai Apresiasi Seni Bagi Siswi SDN 3 Jedong Kecamatan Wagir Kabupaten Malang
Dance Extracuricular As Art Appreciation For Students Of SDN 3 Jedong, Wagir District, Malang District
Ekstrakurikuler merupakan yang bertujuan untuk mendorong bakat dan minat dari peserta didik agar semakin berkembang. Materi yang diberikan pada ekstrakurikuler seni tari di SDN 3 Jedong adalah apresiasi seni. Pembelajaran ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kritis tentang apresiasi kesenian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi tentang pembelajaran apresiasi sekaligus kendala yang dialami pada saat ekstrakurikuler berlangsung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembelajaran, teori apresiasi, dan teori kendala. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dihasilkan berupa deksripsi yang menjawab rumusan masalah. Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi tidak hanya dilaksanakan pada saat pembelajaran ekstrakurikuler berlangsung namun juga ketika melaksanakan observasi di SDN 1 dan 2 Jedong, sekaligus dengan kepala sekolah. Dengan teknik tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran apresiasi di SDN 3 Jedong dapat diterima dengan baik oleh peserta didik, dan faktor internal dan eksternal peserta didik yang menjadi kendala dapat diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan. Hasil dari penelitian ini yakni adanya pemahaman kritis oleh peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler seni tari ketika mengikuti perlombaan sekaligus adanya kemauan untuk ikut serta dalam mengenalkan kesenian kepada masyarakat sekitar dalam kegiatan masyarakat.
Extracurriculars are aimed at encouraging the talents and interests of students to further develop. The material given in the dance extracurricular at SDN 3 Jedong is art appreciation. This study aims to provide a critical understanding of art appreciation. The purpose of this research is to get a description of appreciation learning as well as the constraints experienced during extracurricular activities. The theories used in this research are learning theory, appreciation theory, and constraint theory. The method used in this research is qualitative. Data collected using interview techniques, observation, and documentation. The resulting data is in the form of a description that answers the problem formulation. Observation, interview, and documentation techniques were not only carried out during extracurricular learning but also when carrying out observations at Jedong 1 and 2 Public Elementary Schools, as well as with the school principal. With this technique, it can be concluded that learning appreciation at SDN 3 Jedong can be well received by students, and students' internal and external factors that become obstacles can be overcome by using fun learning methods. The results of this study are that there is a critical understanding by students who take part in dance extracurriculars when participating in competitions as well as a willingness to participate in introducing art to the surrounding community in community activities.