The Effectiveness of TPACK-Based Learning Physics with The PBL Model to Improve Students' Critical Thinking Skills
Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan berpikir yang sangat dibutuhkan untuk hidup di abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran fisika berbasis TPACK dengan model PBL untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan rancangan ujicoba One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 5 dan X IPA 6 SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik tahun ajaran 2020-2021. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan interferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fisika berbasis TPACK dengan model PBL efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Ditinjau dari: a) terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik secara signifikan pada α = 0,05 (2-tailed), b) rerata n-gain berkategori tinggi, dan c) tidak terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik di setiap kelas. Dengan demikian, pembelajaran fisika berbasis TPACK dengan model PBL dapat dijadikan masukan bagi guru untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Critical thinking skills are thinking skills that are needed to live in the 21st century. This study aims to analyze the effectiveness of TPACK based physics learning with the PBL model to improve students' critical thinking skills. The research is a Pre-Experimental Design with the trial design a one-group pretest-posttest design. The subjects in this study were students of class X IPA 5 and X IPA 6 SMA Negeri 1 Driyorejo Gresik in the academic year 2020-2021. Trial design using. The data analysis technique used quantitative and interferential descriptive analysis. The results showed that physics learning based on TPACK with the PBL model was effective in improving students' critical thinking skills. In terms: a) improving critical thinking skills of students is significant at α = 0.05 (2-tailed), b) mean n-gain score with high category, and c) nothing different in improving critical thinking skills of students at each class. Thus, TPACK-based physics learning with the PBL model can use as input for teachers to improve the critical thinking skills of students.