Meta-Analysis Of Guided Inquiry Model On Physics Learning
Abstrak
Inkuiri terbimbing merupakan salah satu model pembelajaran yang kerap digunakan dalam penelitian penerapan model pembelajaran dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dan pengaruhnya terhadap peningkatan kompetensi dan keterampilan siswa dari penelitian-penelitian yang pernah dilakukan. Metode penelitian ini menggunakan meta-analisis dengan tahapan: koleksi data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu data yang dikumpulkan secara tidak langsung terhadap objek yang sedang diteliti berupa 20 artikel jurnal nasional dan internasional. Langkah pertama dalam penelitian ini adalah mengumpulkan jurnal, lalu memilih 20 jurnal yang memiliki desain penelitian yang sama, membuat visualisasi dalam software VOSviewer, dan menghitung effect size dari hasil-hasil penelitian tersebut. Topik diskusi meta-analisis dalam penelitian ini adalah tentang meningkatkan keterampilan sains siswa, tingkat sekolah, materi pelajaran dan kemudian media yang digunakan. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran fisika menggunakan model Guided Inquiry dapat meningkatkan kompetensi literasi sains, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar yang diukur secara terpisah (efek sedang) dan secara bersamaan (efek lemah). Hasil lain menunjukkan bahwa model Guided Inquiry direkomendasikan untuk siswa yang memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi, mengaplikasikan media pembelajaran yang riil, dan digunakan untuk konten materi dengan karakteristik investigasi.
Kataikunci: Inkuiri Terbimbing, pembelajaran fisika, meta-analisis
Abstract
Guided Inquiry is one of the learning models that often used in research into the application of learning models in physics learning. This study aims to analyse the learning process with the Guided Inquiry model and its effect on increasing the students’ competence and skills from previous studies. This research method uses meta-analysis with stages: data collection, data reduction, data display, and drawing conclusions or verification. The secondary data used, that is, data collected indirectly on the object studied in the form of 20 national and international journal articles. The first step in this research is to collects journals, selection 20 journals with the same research design, creates a visualisation in VOSviewer software, and calculates the effect size of the research results. The meta-analysis topic discusses in the research is about to improve students' science skills, school level, subject matter and then the media used. The results of the study state that learning physics using Guided Inquiry model can improve the scientific literacy competencies, critical-thinking skills, and students learning outcomes that measured separately (moderate effect) and simultaneously (modest effect). Another results show that Guided Inquiry model recommended for students that have higher-order-thinking skills, apply with real learning-media, and used for the investigated characteristic content-material.
Keywords: Guided Inquiry, physics learning, meta-analysis