MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN LOKALATE MENGGUNAKAN METODE ANALISA SWOT
DETERMINING THE MARKETING STRATEGY OF LOKALATE USING SWOT ANALYSIS METHOD
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran apa yang dapat diterapkan pada brand Lokalate dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif dengan melihat data historis dari tahun 2022. Pengumpulan data diperoleh dari data sekunder dan observasi yang dilakukan pada lingkungan brand. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan matriks IFAS, EFAS, dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa matriks IFAS memperoleh nilai kekuatan sebesar 1,625 dan nilai kelemahan sebesar 0,875. Hal ini menunjukkan bahwa merek Lokalate lebih banyak memanfaatkan kekuatan dibandingkan dengan kelemahannya. Matriks EFAS memperoleh nilai peluang sebesar 1,5 dan nilai ancaman sebesar 0,875 yang mengindikasikan bahwa merek Lokalate memiliki peluang yang lebih besar dibandingkan dengan ancaman. Berdasarkan kuadran analisis SWOT, posisi Lokalate berada pada kuadran pertama, dengan SO sebagai strategi yang tepat bagi Lokalate untuk memanfaatkan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada.
Keywords: Strategi Pemasaran; Analisis SWOT; Matriks EFAS; Matriks IFAS; SWOT Kuadran
This research aims to determine what marketing strategy that can be applied at Lokalate brand using SWOT analysis. This research uses a descriptive methodology by looking the historical data from 2022. Data collection is acquired from secondary data and observation conducted on the brand environment. The data collected then analyzed using the IFAS, EFAS, and the SWOT matrix. The result showed that the IFAS matrix obtained a strength value of 1,625 and weakness value of 0,875. This indicate that the Lokalate brand utilize more strength rather than the weakness value. The EFAS matrix obtained an opportunity value of 1,5 and threats value of 0,875 that indicates the Lokalate brand occupy greater opportunity than threats. Based on the SWOT analysis quadrant, Lokalate’s position in in the first quadrant, with SO as the appropriate strategy for Lokalate to utilized the strength and taking advantages of any existing opportunities.
Keywords: Marketing strategy; SWOT Analysis; EFAS Matrix; IFAS Matrix; SWOT Quadrant