Penelitian ini berjudul “Pengembangan media Tanoshii Zasshi (Pop-Up Book bersuara)
untuk Pembelajaran Membaca Bahasa Jepang Tema Kazoku Siswa Kelas XI MIPA 2 SMAN
1 Krembung Sidoarjo Tahun Pelajaran 2018/2019”. Berdasarkan data analisis
kebutuhan siswa, siswa masih mengalami kesulitan dalam hal membaca bahasa
Jepang. Selain itu, dari hasil angket diketahui bahwa 97% siswa lebih mudah
memahami bahasa Jepang menggunakan media gambar.Berdasarkan permasalahan di
atas, peneliti mengembangkan media Tanoshii
Zasshi (pop-up book bersuara)tema
Kazoku untuk mempermudah siswa dalam
membaca bahasa Jepang dan mengucapkan pelafalan bahasa Jepang dengan benar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan media
pembelajaran Tanoshii Zasshi (pop-up book bersuara), serta
mendeskripsikan respon siswa terhadap media pembelajaran Tanoshii Zasshi (pop-up book
bersuara).
Pengembangan media ini menggunakan metode penelitian Research &Development (R&D)
berdasarkan teori penelitian pengembangan Sugiyono (2013:297) . Penelitian ini hanya
sampai pada tahap kesembilan
yaitu revisi produk setelah uji coba pemakaian. Sementara untuk mengetahui
kelayakan media dan respon siswa didasarkan pada skala Likert dalam Riduwan (2008:23) .
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil wawancara,
angket kebutuhan siswa, validasi kelayakan media (materi dan desain) dan hasil
angket respon siswa.
Hasil akhir penelitian pengembangan media Tanoshii Zasshi (pop-up book
bersuara) adalah sebagai berikut:
1.
Dari hasil validasi desain oleh ahli
media untuk kelayakan media dinyatakan layak digunakan tanpa revisi dengan
nilai persentase 97,5% kriteria kelayakan sangat kuat.
2.
Sedangkan Pada hasil validasi materi
skor yang diperoleh adalah 94,6% yang berarti sangat kuat. Sementara untuk
kelayakan materi dari hasil angket validasi adalah layak digunakan dengan sedikit
revisi.
3. Hasil
uji coba pemakaian media menunjukkan bahwa media pembelajaran Tanoshii Zasshi (pop-up book bersuara) efektif digunakan sebagai media pembelajaran
untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Jepang tema Kazoku. Diktehui bahwa
nilai t yakni 7,51 > t(5%,d.f.=29) 2,04, artinya terdapat perbedaan hasil
nilai pre-test dan post-test pada tahap uji coba pemakaian
media pembelajaran Tanoshii Zasshi (pop-up book bersuara).
4. Dari hasil perhitungan angket respon siswa terhadap pengembangan
media Tanoshii Zasshi (Pop-Up Book Bersuara) untuk Pembelajaran
Membaca Bahasa Jepang Tema Kazoku diperoleh nilai persentase sebesar 85% dengan
kriteria kelayakan sangat kuat.
Dari
hasil penilaian validator maupun angket respon siswa, media Tanoshii Zasshi (pop-up book bersuara) dapat dikatakan layak digunakan sebagai media
pembelajaran bahasa Jepang tema Kazoku .
Kata Kunci : Tanoshii Zasshi,
pop-up book, media pembelajaran, membaca.