Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Multisitus di SMK PGRI 2 Sidoarjo dan SMK ANTARTIKA 2 Sidoarjo)
Utilization of Digital Technology to Improve Teacher Pedagogic Competence (Multisite Study at SMK PGRI 2 Sidoarjo and SMK ANTARTIKA 2 Sidoarjo)
ABSTRAK
Lutfah, Asma. 2020. Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru (Studi Multisitus di SMK PGRI 2 Sidoarjo dan SMK ANTARTIKA 2 Sidoarjo)”. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Dr. Nunuk Hariyati, M.Pd, dan (2) Dr. Warih Handayaningrum, M.Pd.
Kata-kata kunci: teknologi digital, kompetensi pedagogik guru
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru di SMK PGRI 2 Sidoarjo dan SMK Antartika 2 Sidoarjo, 2) upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui pemanfaatan teknologi digital di SMK PGRI 2 Sidoarjo dan SMK Antartika 2 Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil data dari 2 lokasi, yaitu SMK PGRI 2 Sidoarjo dan SMK Antartika 2 Sidoarjo, menggunakan metode pengumpulan data penyampelan. Adapun subyek yang diamati meliputi, kepala sekolah, tiga orang wakil kepala sekolah, 12 orang guru yang terbagi dalam tiga kategori, a) kelompok guru kategori sertifikasi, b) kelompok guru kategori usia, dan 3) kelompok guru kategori masa kerja dan 4 orang peserta didik kelas X dari masing-masing sekolah.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan teknologi digital telah mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMK PGRI 2 Sidoarjo dan di SMK Antartika 2 Sidoarjo menjadi lebih baik setelah guru melakukan upaya dengan mengikuti kegiatan pelatihan, workshop, seminar atau mengikuti kegiatan organisasi kelompok guru seperti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan forum guru.
ABSTRACT
Lutfah, Asma. 2020. Utilization of Digital Technology to Improve Teacher Pedagogic Competence (Multisite Study at SMK PGRI 2 Sidoarjo and SMK ANTARTIKA 2 Sidoarjo) ". Thesis, Department of Education Management, Post Graduate Programme, State University of Surabaya. Advisors: (1) Dr. Nunuk Hariyati, M.Pd, and (2) Dr. Warih Handayaningrum, M.Pd.
Key words: digital technology, teacher pedagogical competence
The aims of this study: 1) to describe teacher pedagogical competence at SMK PGRI 2 Sidoarjo and SMK Antartika 2 Sidoarjo, 2) the efforts to improve teacher pedagogical competence through the use of digital technology at PGRI 2 vocational high school of Sidoarjo and Antartika 2 vocational high school of Sidoarjo.
This study used a qualitative approach by taking data from 2 locations, namely PGRI 2 vocational high school of Sidoarjo and Antarctika 2 vocational high school of Sidoarjo, using the sampling data collection method. The subjects observed included the principal, three deputies of principal, 12 teachers divided into three categories, a) group of certification teachers category, b) group of age teachers category, and 3) group of working period teachers category and 4 participants class X students from each school.
Based on the results of data analysis, it can be concluded that the use of digital technology has been able to improve the pedagogical competence of teachers at PGRI 2 vocational high school of Sidoarjo and at Antartika 2 vocational high school of Sidoarjo to be better after teachers make efforts by participating in training activities, workshops, seminars or participating in teacher group organizational activities such as Subject Teacher Conference (MGMP) and teacher forum.