Penggunaan Materi Autentik untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah
The Use of Authentic Materials to Enhance Students’ Speaking Ability in Secondary EFL Classroom
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan material autentik mempunyai impact dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa EFL. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Unggulan di Surabaya dengan menggunakan dua kelas tingkat 8 yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan material autentik yang diambil dari youtube, website resmi BBC dan beberapa material internet sebagai media pembelajaran speaking. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimental. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes lisan (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor antara siswa yang menggunakan materi autentik dan yang tidak menggunakan materi autentik. Nilai asymptotic significance post-test dari Mann-Whitney yaitu .00 < .05 dengan nilai median grup kontrol 67.00 dan median dari kelas eksperimen adalah 75.00. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan materi autentik dapat meningkat kompetensi berbicara siswa dan direkomendasikan untuk digunakan sebagai alternatif yang cocok dalam mengajar berbicara.
The purpose of this research is to determine whether the use of authentic material has an impact on enhancing EFL students' speaking ability. Conducted in MTs Unggulan in Surabaya, this research uses two classes of 8th grade, divided into two groups, experimental class and control class. This research uses authentic materials taken from YouTube, BBC official website, and several internet materials as a media to learn daily conversation. A quantitative method with a quasi-experimental design is used in this research. The data were collected by spoken tests, which are pre-test and post-test. The results presented a difference between the learning using authentic material and ones without authentic material. The asymptotic significance post-test value from Mann-Whitney is .00 < .05, with the median control group is 67.00, and the median from the experimental class is 75.00. This value shows authentic material is more effective to use as a medium to learn speaking for EFL students. Also, it is recommended to use as an appropriate alternative to enhance student’s speaking competence.